Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Corona, Babinsa Dikerahkan untuk Mendata Pemudik di Desa

Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) akan diterjunkan ke desa-desa untuk mendata masyarakat yang baru kembali ke desanya. 
Jangan Mudik #MediaLawanCovid19
Jangan Mudik #MediaLawanCovid19

Bisnis.com, JAKARTA – Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang menyatakan bahwa jajaran TNI/Polri akan dikerahkan untuk melakukan pendataan kepada masyarakat yang mudik ke kampung halaman.

Tiopan mengungkapkan bahwa Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) akan diterjunkan ke desa-desa untuk mendata masyarakat yang baru kembali ke desanya.

“Para Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan bekerjasama dengan masyarakat untuk diikutkan membantu RT dalam mendata WNI yang baru pulang atau sampai desa,” kata Tiopan dalam konferensi pers, Sabtu (4/4/2020). 

Lebih lanjut, Tiopan juga menyatakan bahwa Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga telah bekerjasama dengan perangkat desa untuk menyosialisasikan protokol pencegahan virus Corona ke masyarakat. 

“Dengan adanya kerja sama ini, pelaksanaan Gugus Tugas dalam rangka penanganan Covid-19 dapat terwujud. Semua dapat dilaksanakan apabila semua bekerja,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa sejak terbentukanya Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Panglima TNI telah mengerahkan kemampuan untuk memerangi virus Corona.

Tiopan menjelaskan bahwa pesawat-pesawat TNI, baik Hercules maupun Wing telah digunakan dalam rangka pendistribusian logistik ke daerah. Selain pesawat, TNI juga telah mengerahkan kapal-kapal RI untuk digunakan dalam rangka pergerakan WNI dari Kepulauan Riau menuju Pulau Jawa. 

“Kami juga menggerakkan seluruh sarana darat dalam rangka penditribusian logistik dan Alkes (alat kesehatan) di masing-masing wilayah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper