Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

RI Dapat Hibah 14 Drone ScanEagle dan Upgrade Heli Bell 412 dari AS

Kementrian Pertahanan (Kemhan) akan mendapat hibah 14 drone ScanEagle dan peningkatan kemampuan tiga unit Helikopter Bell 412 dari pemerintah Amerika Serikat (AS).
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 Februari 2020  |  13:15 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA - Kementrian Pertahanan (Kemhan) akan mendapat hibah 14 drone ScanEagle dan peningkatan kemampuan tiga unit Helikopter Bell 412 dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Hibah tersebut diberikan untuk memperkuat Alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI Angkatan Laut.

"Kami hadir di Komisi I DPR ini untuk menyampaikan permohonan persetujuan penerimaan hibah 14 drone Scan Eagle UAV dan upgrade Helikopter Bell 412 dari pemerintah AS," kata Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono saat Rapat Kerja dengan Komisi I DPR, Rabu (26/2/2020).

Melalui keterangan resminya, dia menjelaskan pemerintah AS telah menawarkan program hibah kepada TNI sejak 2014 - 2015. Atas penawaran tersebut, TNI mengambil program itu, berupa Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan peningkatan kapasitas helikopter Bell 412 pada 2017.

Kemhan kemudian membentuk tim pengkaji untuk melakukan penilaian kelayakan penerimaan barang tersebut dari aspek teknis, ekonomis, politik dan strategi. Hasilnya, Kemhan memutuskan untuk menerima program hibah itu.

Adapun, Drone ScanEagle bernilai US$28,3 juta ini menurutnya dibutuhkan TNI AL utk meningkatkan kemampuan ISR maritim guna memperkuat pertahanan negara.

Sementara itu, upgrade peralatan Helikopter Bell 412 dengan nilai US$6,3 juta juga dibutuhkan TNI AL untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas dan meningkatkan kemampuan pertahanan negara.

"Nantinya Drone ScanEagle ini akan digunakan oleh TNI AL untuk kepentingan khusus. Kita hanya keluar dana sekitar Rp10 miliar untuk mengintegrasikan dan memastikan keamanan data dari peralatan ini dengan Alutsista lainnya. Nanti PT LEN yang akan bertugas untuk integrasikan," katanya.

Menanggapi permintaan dari Kemhan, Komisi I DPR secara prinsip menyetujui keinginan dari Kemhan untuk mendapatkan hibah dari pemerintah AS.

Komisi I mengingatkan Kemhan untuk mengedepankan kehati-hatian dan kerahasiaan data, serta tidak membebani APBN dalam setiap penerimaan hibah dari negara asing.

Simak profil drone ScanEagle buatan Insitu dari akun Youtubenya Insitu Inc di atas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alutsista kementerian pertahanan
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top