Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Portal Pendaftaran CPNS 2019 Berpotensi Diretas

Badan Kepegawaian Negara mencium adanya potensi peretasan pada portal sscasn.go.id. Panitia langsung melakukan pemeriksaan terkait potensi tersebut.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 12 November 2019  |  16:29 WIB
Tangkapan layar situs sscasn.bkn.go.id - Istimewa
Tangkapan layar situs sscasn.bkn.go.id - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara mencium adanya potensi peretasan pada portal sscasn.go.id. Panitia langsung melakukan pemeriksaan terkait potensi tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara Paryono mengatakan pihaknya sempat melihat lonjakan bandwitch mencurigakan pada pagi dan siang tadi di portal tersebut.

"Dari sisi bandwitch itu memang tadi pagi atau siang seperti ada lonjakan besar tapi kok mencurigakan. Ini securitynya baru mau periksa lagi ada apa kok ada yang mencurigakan," katanya kepada Bisnis di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Saat ditanya soal potensi peretasan dirinya mengamini hal tersebut. "Pasti setiap kali situs di tampilkan, pasti ada upaya seperti itu," sebutnya.

Di sisi lain, BKN terus melakukan pemantauan terkait portal pendaftaran CPNS 2019. Beberapa langkah dilakukan seperti penambahan server, kapasitas website atau storage maupun penambahan bandwitch.

Kemarin, BKN telah menambah kapasitas bandwitch dari 2 GB menjadi 5 GB. Panitia juga menambah 5 server untuk mengantisipasi perlambatan akses ke portal tersebut.

"Kalau bandwitch sudah mencapai 60 persen akan ditambah, di up lagi bahkan sudah ditambah ke 5 GB kemarin. Petugas Telkom juga standby di BKN," terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpns bkn
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top