Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jadwal Tahapan Penerimaan CPNS 2019

Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara memastikan akan memulai tahapan seleksi aparatur sipil negara atau biasa disebut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada akhir Oktober ini.
Ilustrasi seleksi CPNS/Antara-R. Rekotomo
Ilustrasi seleksi CPNS/Antara-R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara memastikan akan memulai tahapan seleksi aparatur sipil negara atau biasa disebut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada akhir Oktober ini.

"[Proses] mulai 25 Oktober. [Kita] Sudah siap," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Meski memastikan akan memulai tahapan seleksi, Syafruddin yang mantan Wakapolri itu tidak bersedia menjelaskan lebih detail tahapan penerimaan.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara memastikan dimulainya rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil 2019. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan mengatakan setelah proses pengumuman maka tahapan pendaftaran hingga seleksi akan dimulai pada November.

"Proses seleksi administrasi pada bulan Desember dan seterusnya," dalam keterangan resminya, Kamis (3/10/2019).

BKN memprediksi peserta seleksi penerimaan tahun ini akan mencapai 5,5 juta. Sebagai bandingan pada pelaksanaan seleksi CPNS 2018 total pelamar mencapai 3.636.251 juta orang.

Rinciannya untuk pelamar di 76 instansi pusat mencapai 1.446.460 dan pelamar di 481 instansi daerah sebanyak 2.189.791. Selanjutnya formasi CPNS 2018 Provinsi Papua diberikan sebanyak 12.831 dan Provinsi Papua Barat sejumlah 6.208.

Sementara itu, untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tahap Pertama sejumlah 51.293 peserta melampaui passing grade.

Sementara itu, rencana pelaksanaan seleksi ASN pada Oktober 2019 akan dibuka dengan dua jenis pilihan, yakni seleksi CPNS dan P3K Tahap Kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper