Arteria Dahlan Dihujat Warganet, Punya Hutang Rp8,8 Miliar

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan menuai hujatan dan kontreversi pasca-pernyataannya di sebuah acara televisi kepada mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 10 Oktober 2019  |  15:03 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, Jakarta - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan menuai hujatan dan kontreversi pasca-pernyataannya di sebuah acara televisi kepada mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim.

Ia dianggap tidak sopan lantaran menunjuk Emil dan menuduh lawan bicaranya tidak kompeten di bidangnya. Ucapannya pun membuat berang warga net.

Baca juga: Warganet Berang

Arteria sendiri adalah seorang penyelenggara negara. Dia diketahui merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

Bisnis mencoba menelusuri Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Arteria. Berdasarkan data dari situs elhkpn.kpk.go.id, Arteria tercatat rajin menyerahkan LHKPN ke KPK selama tiga tahun terakhir (2016,2017, dan 2018).

Dari tiga LHKPN-nya itu, tercatat tidak ada perubahan signifikan dari harta kekayaan milik Arteria. Dia tercatat memiliki harta senilai Rp13,5 miliar tepatnya Rp13.523.825.426.

Di tiga tahun LHKPN-nya itu ia juga tercatat memiliki hutang senilai Rp8.814.382.071.

Secara rinci harta Arteria terdiri dari Tanah dan Bangunan di dua lokasi yakni Bogor, dan Jakarta Selatan dengan nilai total Rp18,5 miliar.

Ia juga tercatat memiliki rumah sederet alat transportasi dan mesin dengan nilai Rp1,023 miliar. Beberapa di antaranya adalah mobil mewah keluaran Eropa dan Jepang seperti Mercedes Benz, Nissan X-Trail, dan Honda Accord.

Arteria juga punya harta bergerak lainnya senilai Rp685 juta serta kas dan setara kas senilai Rp2.130.207.497.

Bagaimana suasana panas perdebatan antara Arteria Dahlan dengan Emil Salim di acara Mata Najwa, simak videonya dari akun Najwa Shihab di atas. Geres garis navigasi videonya di menit 9:28.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
emil salim, revisi uu kpk

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top