Pimpinan MPR Lengkap, Partai Lobi-Lobi Pilih Ketua

Seluruh partai akhirnya lengkap mengirim nama pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2019—2024. Setelah ini adalah pemilihan ketua dari 10 nama yang ada.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 Oktober 2019  |  14:29 WIB
Pimpinan MPR Lengkap, Partai Lobi-Lobi Pilih Ketua
Anggota DPR termuda Hillary Brigitta Lasut (kanan) dan anggota DPR tertua Abdul Wahab Dalimunthe (kiri) menjadi pimpinan DPR sementara saat pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (1/10/2019). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 orang anggota DPD terpilih diambil sumpahnya pada pelantikan tersebut. - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — Seluruh partai akhirnya lengkap mengirim nama pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2019—2024. Setelah ini adalah pemilihan ketua dari 10 nama yang ada.

Pimpinan sementara Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Abdul Wahab mengatakan bahwa 10 nama pimpinan yang terdiri atas 9 partai dan 1 unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah diumumkan melalui rapat gabungan antara DPR dan DPD. 10 nama ini lalu diusulkan untuk menjadi ketua.

“Nanti hasilnya itu dimusyawarahkan siapa yang dipilih akan jadi ketua. Tapi tahu lah orang yang ngomong ini kan bisa lima menit, jadi tidak ada apa-apa. Pendeknya tidak ada bertengkar-tengkar. Musyawarah mufakat dan damai-damai saja semua [pemilihan ketua],” katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Pemilihan ketua diutamakan melalui musyawarah mufakat. Apabila buntu, jalan terakhir melalui pemungutan suara. 

Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat Johnny G. Plate menjelaskan bahwa siang ini akan ada rapat lobi-lobi antara pimpinan fraksi untuk menentukan siapa yang akan jadi ketua MPR.

Saat ini, pimpinan yang sudah menyatakan ingin menduduki kursi nomor satu adalah Bambang Soesatyo (Golkar), Ahmad Muzani (Gerindra), dan Fadel Muhammad (DPD). Johnny melihat Bambang atau pria yang disapa Bamsoet calon terkuat karena didukung beberapa fraksi.

“Kami melihat bahwa dan sangat menekankan bahwa pemilihan ketua MPR ini baiknya dilakukan secara musyawarah mufakat. Karena ini sejalan dengan landasan dasar semangat yang muncul atau yang menjadi dasar revisi undang-undang MD3 [MPR, DPR, DPD, dan DPRD] yang melebarkan unsur pimpinan dari 5 menjadi 10,” jelasnya. 

Berikut adalah 10 nama calon pimpinan MPR

1. Syarief Hasan Partai Demokrat
2. Ahmad Basarah PDI Perjuangan
3. Jazilul Fawaid PKB
4. Hidayat Nur Wahid PKS
5. Zulkifli Hasan PAN
6. Bambang Soesatyo Partai Golkar
7. Lestari Partai Nasdem
8. Ahmad Muzani Partai Gerindra
9. Arsul Sani PPP
10. Fadel Muhammad unsur DPD 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mpr, dpd

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top