Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengunjuk Rasa : Jangan Wariskan Kebobrokan kepada Generasi Muda

Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi melakukan unjuk rasa untuk memprotes pengesahan sejumlah RUU yang menuai polemik, Selasa, (24/9/2019).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 September 2019  |  14:59 WIB
Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan berdiri di atap mobil taktis polisi saat berdialog dengan mahasiswa pengunjuk rasa  di depan Gedung DPR pada Selasa 24 September 2019. - Bisnis/Feni Freycinetia
Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan berdiri di atap mobil taktis polisi saat berdialog dengan mahasiswa pengunjuk rasa di depan Gedung DPR pada Selasa 24 September 2019. - Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA — Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi melakukan unjuk rasa untuk memprotes pengesahan sejumlah RUU yang menuai polemik, Selasa, (24/9/2019).

Sorotan mahasiswa terutama tertuju pada pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau RKUHP. Sejumlah pasal dalam RKUHP dianggap mengekang demokrasi dan terlalu mengatur ranah privasi.

Selain mahasiswa, Serikat Pekerja Kereta Api Nasional ikut turun ke jalan untuk menyuarakan problematika yang menerpa negeri. Perwakilan Serikat Pekerja Kereta Api Nasional Nur Lestari berorasi membakar semangat para demonstran.

“Problematika negeri ini hadir bertubi tubi, mulai dari upaya pelemahan KPK, serta pelemahan berbagai RUU KUHP, kebakaran hutan, dan banyak lagi,” ungkapnya.

Nur mengatakan bahwa sejarah hari ini akan menceritakan bahwa hari ini reformasi belum tuntas dan para demonstran akan hadir untuk tuntaskan ini semua.

“Rakyat yang sudah muak, bahwa aktor yang bertanggung jawab terhadap jutaan anak bangsa justru mencoba membodohi kita dengan mengebiri demokrasi,” jelasnya.

“Ini adalah bencana, ketika demokrasi sudah dikorupsi, akan jadi apa bangsa kita yang menanggung kebobrokan aktor legislatif,” sambungnya.

Ia menutup orasi dengan mengatakan bahwa bangsa tidak harus mewarisi keboborokan dari dalang-dalang tidak bertanggung jawab.

Selain di depan Gedung DPR RI, aksi unjuk rasa juga terjadi di sejumlah daerah lainnya. Para mahasiswa turun ke jalan merespons sejumlah hal, dipicu  disepakatinya UU KPK, serta sejumlah RUU yang akhirnya diputuskan untuk ditunda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

demo mahasiswa revisi uu kpk RKUHP
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top