PAPUA TERKINI : Dewan Adat Papua Unjuk Rasa Damai di Manokwari, Pagi Ini Situasi Kondusif

Dewan Adat Papua wilayah III/Doberay hari ini berencana menggelar aksi damai. Sejauh ini situasi keamanan di Manokwari, Papua Barat, dilaporkan masih cukup kondusif.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 September 2019  |  08:59 WIB
PAPUA TERKINI : Dewan Adat Papua Unjuk Rasa Damai di Manokwari, Pagi Ini Situasi Kondusif
Ilustrasi-Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (ketiga kiri) bersama warga menghadiri deklarasi damai di lapangan Borarsi Manokwari, Papua Barat, Rabu (11/9/2019). Kegiatan yang diikuti ribuan masyarakat dari berbagai suku tersebut untuk mewujudkan Papua Barat tanah damai. - ANTARA/Tomi

Bisnis.com, MANOKWARI - Dewan Adat Papua wilayah III/Doberay hari ini berencana menggelar aksi damai. Sejauh ini situasi keamanan di Manokwari, Papua Barat, dilaporkan masih cukup kondusif.

Menurut Kepala Biro Operasional Polda Papua Barat Kombes Pol Muchammad Sagi pada apel pasukan di Mapolda, Kamis (19/9/2019), personel pengamanan sudah bersiaga di sejumlah titik.

"Saya baru saja dari lapangan, personel Polres Manokwari dibantu Brimob Nusantara sudah ada di lokasi. Ada yang kami tempatkan di kantor Dewan Adat Papua (DAP), di Sanggeng juga Amban," kata Sagi

Dalam pengamanan ini, polisi berusaha untuk mengambil langkah antisipasi agar tidak ada aksi anarkis selama aksi damai DAP berlangsung. Sesuai surat pemberitahuan yang diserahkan ke Polres Manokwari, aksi akan dimulai pukul 10.00 WIT.

Sagi mengemukakan, hari ini juga akan ada kegiatan ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Lapangan Borarsi. Selain aksi, personel juga disiapkan untuk mengamankan kegiatan ibadah tersebut.

"Ibadah KKR akan dimulai jam 4 sore, maka lambat jam 3 seluruh personel pengamanan harus sudah berada di lokasi," kata Karo Ops lagi.

Personel yang disiapkan untuk mengamankan seluruh kegiatan di Manokwari hari ini mencapai 9 satu satuan setingkat kompi (SSK) atau 900 personel.

"Khusus untuk kegiatan ibadah pola pengamanan kita berbeda dengan kegiatan lain, yang kita amankan adalah orang-orang yang hendak beribadah," ujar Sagi.

Sagi mengimbau seluruh personel bersikap humanis dalam mengamankan kegiatan tersebut. Meskipun demikian harus tetap sigap untuk mengantisipasi penyusup.

"Kita berharap aksi damai DAP hari ini tidak mengganggu kegiatan ibadah. Lebih bagus lagi kalau tidak ada aksi, sehingga masyarakat bisa beribadah dengan tenang," ujar Sagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
papua, manokwari

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top