Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sang Merah Putih Membentang Sempurna di Langit Canberra

Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih juga dilakukan di Ibu Kota Australia, Canberra.
Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Canberra, Australia./Istimewa^KBRI Australia
Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Canberra, Australia./Istimewa^KBRI Australia

Bisnis.com, JAKARTA – Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, pengibaran Sang Saka Merah Putih juga dilakukan di ibu kota Australia, Canberra.

Upacara peringatan ke-74 sekaligus detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di KBRI Canberra  dipimpin oleh Duta Besar RI di Canberra Y. Kristiarto S. Legowo, di halaman Kedutaan Besar RI di Canberra.

Puncak dari seluruh rangkaian acara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini dihadiri dengan antusias oleh seluruh jajaran KBRI Canberra, masyarakat dan diaspora Indonesia serta friends of Indonesia.

Sekitar pukul 09.15 waktu setempat, seluruh peserta upacara telah dibariskan di tengah suhu udara Canberra mencapai 5 derajat Celsius. Meskipun di tengah cuaca di musim dingin, akan tetapi semangat petugas dan peserta upacara tetap membara. Bahkan tampak beberapa masyarakat Indonesia sudah tiba lebih awal di KBRI Canberra sekitar pukul 08.00.

Bagi masyarakat Indonesia di Australia, termasuk di Canberra, Upacara HUT Kemerdekaan RI memang menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu untuk menunjukkan tingginya semangat kebangsaan dan kenegaraan mereka.  Warga Indonesia yang hadir terdiri dari tokoh masyarakat, akademisi, profesional, mahasiswa dan pelajar hingga ibu rumah tangga serta diplomat.

Dalam siaran pers yang dikutip Bisnis.com pada Sabtu (17/8/2019), peserta Upacara bukan hanya didominasi oleh masyarakat dan diaspora Indonesia semata. Masyarakat Australia yang terdiri dari mitra kerja KBRI, mahasiswa hingga siswa sekolah dasar dan menengah, juga turut serta dalam upacara di KBRI Canberra.

Umumnya, warga negara Australia tersebut adalah mitra kerja KBRI dan juga sedang belajar bahasa Indonesia serta pencinta Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Friends of Indonesia.

Bahkan, sejumlah sekolah di Negara Bagian Victoria yang berjarak sekitar hampir 800 km dari Canberra, secara khusus mengirimkan murid-murid dan guru bahasa Indonesia mereka untuk menghadiri Upacara ini.

Adapun Komandan Upacara adalah Mayor Inf. Leo Sugandi yang sedang melanjutkan pendidikan militer di Canberra. Jumlah pasukan pengibar bendera (Paskibra) di Canberra mencapai 14 orang dan teks proklamasi dibacakan oleh Wakil Duta Besar RI, M.I. Derry Aman.

Sebelumnya, Duta Besar RI telah mengukuhkan Paskibra KBRI Canberra 2019 pada 15 Agustus 2019 di Wisma Indonesia, yang merupakan kediaman resmi Duta Besar RI.

Kristiarto menuturkan upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di KBRI Canberra menjadi momentum terbaik untuk semakin memperkuat semangat kebangsaan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di Australia.

Yang tidak kalah menarik dalam kegiatan tersebut adalah tampilnya Teagan Menhennet, pelajar kelas 11 dari Goulburn Valley High School di Victoria yang menyampaikan pidato dalam bahasa Indonesia yang fasih tentang pentingnya hubungan bilateral Indonesia dan Australia.

Selain melaksanakan upacara, sejumlah kegiatan lomba juga turut dilakukan seperti futsal, bola voli, dan tenis meja pada pekan sebelumnya. Pada penutupan upacara, para hadirin juga menyanyikan lagu Indonesia Pusaka, Poco-poco, Gemu Famire/Maumere, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper