Kongres V PDIP : DPD Jabar Sebut Nama Megawati dan Jokowi

Kongres V PDI Perjuangan bakal menjadi penegas kontribusi partai berlambang banteng moncong putih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 05 Agustus 2019  |  20:01 WIB
Kongres V PDIP : DPD Jabar Sebut Nama Megawati dan Jokowi
Presiden Joko Widodo (kiri), Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri (kedua kanan), berjalan bersama usai pertemuan tertutup di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5/19). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Kabar24.com, JAKARTA — Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP pekan ini akan menjadi panggung bagi Megawati Soekarnoputri dan pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono memastikan Kongres V akan menetapkan Megawati sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDIP periode 2019-2024.

Di samping agenda internal, Kongres V juga memantapkan posisi PDIP sebagai partai politik penguasa yang menghantarkan jagoannya memenangkan Pilpres 2019.

“PDI Perjuangan mendukung sepenuhnya Presiden Joko Widodo bersama K.H. Ma’ruf Amin untuk menjalankan pemerintahan Indonesia 5 tahun ke depan,” katanya kepada Bisnis.com, Senin (5/8/2019).

Tak hanya itu, Ono mengatakan Kongres V bakal menjadi penegas kontribusi PDIP dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Guna menjalankan perannya itu, anggota Komisi IV DPR ini menyebutkan PDIP tetap berpijak pada ajaran Trisakti Bung Karno.

“PDI Perjuangan sebagai partai pelopor, solid bergerak untuk Indonesia Raya baik melalui peran di eksekutif dan legislatif serta lembaga lainnya,” ujarnya.

Sesuai AD/ART, kongres merupakan kekuasaan tertinggi di PDIP yang dihadiri oleh utusan-utusan dewan pimpinan daerah (DPD) dan dewan pimpinan cabang (DPC). Salah satu kewenangan kongres adalah menetapkan ketua umum.

Sebelum melaksanakan forum tertinggi tersebut, PDIP telah menggelar konferensi daerah (konferda) untuk memilih personalia DPD dan konferensi cabang (konfercab) untuk memilih personalia DPC. Seluruh pengurus tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Indonesia sepakat meminta kesediaan Megawati kembali memimpin PDIP dalam Kongres V.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdip, megawati, Jokowi

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top