Pemilu Lancar, Donald Trump Sampaikan Selamat ke Jokowi Lewat Surat

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Joko Widodo atas pelaksanaan Pemilu 2019 yang lancar
Pemilu Lancar, Donald Trump Sampaikan Selamat ke Jokowi Lewat Surat
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  21:30 WIB
Pemilu Lancar, Donald Trump Sampaikan Selamat ke Jokowi Lewat Surat
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam konferensi pers di Hotel JW Marriott, di Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2/2019). - REUTERS/Jorge Silva

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia atas suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.

Dalam surat resmi yang dikutip Kedutaan Besar RI di Washington, Presiden ke-45 AS tersebut menyampaikan bahwa Indonesia telah melalui proses transformasi demokrasi yang luar biasa dan patut dijadikan contoh bagi bangsa-bangsa lainnya.

“Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bebas, adil dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan," demikian isi pembuka surat Trump untuk Jokowi seperti dikutip KBRI Washington, Rabu (22/5/2019).

Selain menyampaikan selamat, Trump juga menyebutkan bahwa demokrasi Indonesia telah mengalami perkembangan luar biasa dalam 20 tahun terakhir. Ia pun menyoroti tingkat partisipasi Pemilu 2019 yang mencapai 80%.

“Saya mengetahui bahwa tingkat partisipasi pemilih tahun ini yang mencapai 80% merupakan yang paling tinggi. Indonesia patut menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lainnya di dunia," lanjut Trump.

Terkait hubungan bilateral kedua negara yang memasuki usia ke-70, Trump bertekad untuk memperkuat kemitraan strategis. Menurutnya, Indonesia dan AS memiliki kesamaan dalam memandang sejumlah isu kawasan dan pentingnya penegakan hukum.

"Saya berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kerja sama kita untuk mencapai potensi yang sangat besar dalam hubungan dua negara demokrasi," ujarnya.

Selain Trump, sejumlah pemimpin negara-negara sahabat juga menyampaikan ucapan selamat untuk Jokowi atas gelaran Pemilu 2019. Di antaranya bahkan langsung menyelamati kembali terpilihnya Jokowi untuk periode 2019-2024 setelah Komisi Pemilihan Umum mengumumkan hasil resmi Pemilu pada Selasa dini hari (21/5/2019).

Adapun pemimpin-pemimpin negara sahabat yang telah menyelamati Jokowi di antaranya adalah Perdana Menteri Australia Scott Morrison. Politikus Partai Liberal itu juga dipastikan kembali memimpin Negeri Kanguru setelah koalisi Partai Liberal-Nasional yang ia nahkodai keluar sebagai pemenang pemilu akhir pekan lalu.

Lewat cuitan di akun Twitter-nya, Morrison mengharapkan hubungan strategis Indonesia dan Australia dapat terus berlanjut di bawah kepemimpinan Jokowi mendatang.

"Ucapan selamat terhangat untuk @Jokowi atas kembali terpilihnya Anda sebagai Presiden Indonesia. Indonesia merupakan salah satu mitra strategis terpenting Australia," tulis Morrison.

Ucapan selamat juga datang dari Perdana Menteri India Narendra Modi yang baru saja menghadapi pemungutan suara terbesar dengan lebih dari 900 juta pemilih.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019, Pilpres 2019, Aksi 22 Mei

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top