Pansel KPK : Ketua DPR Bambang Soesatyo Ingin Pimpinan Baru Terpilih Sebelum Oktober

DPR akan memilih lima orang calon pimpinan KPK melalui proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 15 Mei 2019  |  09:51 WIB
Pansel KPK : Ketua DPR Bambang Soesatyo Ingin Pimpinan Baru Terpilih Sebelum Oktober
Presiden Joko Widodo (kiri) dipersilakan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan) setibanya di rumah dinas ketua DPR untuk berbuka puasa bersama dengan pimpinan lembaga tinggi negara di Jakarta, Senin (13/5/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Kabar24.com, JAKARTA —  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengharapkan Presiden Joko Widodo segera menunjuk Panita Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dia meminta Pansel Calon Pimpinan KPK dapat mulai bekerja pada Juni 2019 dan segera menyerahkan hasil kerja untuk dikirimkan kepada DPR pada Oktpober 2019 atau sebelum masa bakti anggota DPR periode 2014—2019 berakhir.

“Kami sependapat bahwa memang seharusnya pemerintah segera menetapkan SK Pembentukan Pansel. Sehingga sebelum berakhir jabatan Oktober nanti, sekitar bulan September kita sudah bisa selesaikan Calon Pimpinan KPK yang baru,” ujar Bambang Soesatyo dikutip dari keterangan resminya, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya, DPR akan memilih lima orang calon pimpinan KPK melalui proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Biasanya, hasil kerja Pansel Capim KPK memilih 10 nama yang dianggap layak dan memenuhi kualifikasi sebagai pimpinan lembaga antirasuah itu.

“Pemilihan di tingkat Pansel sudah bisa dilakukan di bulan Juni. Pansel memilih sepuluh nama, DPR akan memilih lima nama yang akan menjabat sebagai pimpinan KPK yang baru,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman dinas Bambang Soesatyo menyebut sudah menyusun nama-nama sebagai calon anggota Pansel Capim KPK.

Nama-nama yang dipertimbangkan presiden dari beragam latar belakang, mulai dari akademisi, ahli hukum, orang pemerintahan, maupun lembaga-lembaga nonpemerintah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, KPK, dpr, Bambang Soesatyo

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top