Debat Kelima Pilpres, Ini Masalah Krusial Ekonomi yang Butuh Solusi

Debat kelima capres tentang ekonomi diharapkan bisa mengakomodir isu krusial tentang pertumbuhan PDB yang selama enam tahun terakhir hanya pada kisaran 5 persen.
Edi Suwiknyo | 12 April 2019 13:25 WIB
Capres nomor urut 01 Joko Widodo ( kedua kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) bersama Ketua KPU Arief Budiman (tengah) sebelum mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). - ANTARA/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Persoalan ekonomi dan kesejahteraan sosial dinilai masih menjadi permasalahan utama di Indonesia.

Di sisi lain, sektor keuangan negara, investasi, perdagangan dan industri dinilai menjadi solusi dalam mengentaskan persoalan ekonomi dan kesejahteraan sosial yang dihadapi.

Ekonom Indef Eko Listiyanto mengatakan, melihat urgensi tema debat kelima dalam Pemilihan Presiden maka Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menyampaikan sejumlah permasalahan krusial bangsa di bidang ekonomi yang diharapkan dapat disentuh dan diberikan solusi dalam debat Pilpres kelima.

"Kami menyampaikan sejumlah catatan kritis atas perkembangan situasi ketenagakerjaan terkini sebagai masukan bagi perbaikan kebijakan ekonomi ke depan," kata Eko dalam keterangan resminya, Jumat (12/4/2019).

Eko menyebut, pemerintah perlu melakukan akselerasi dari sisi growth untuk memastikan posisi ekonomi Indonesia ke depan. Pasalnya jika pertumbuhan di kisaran 5 persen yang sudah terjadi selama 6 tahun belakangan ini tak segera terakselerasi, status PDB Indonesia terancam stagnan.

"Sulit bagi Indonesia keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah [middle income trap] jika tidak ada akselerasi" imbuhnya.

Seperti diketahui, debat babak terakhir (debat kelima) Calon Presiden dan Wakil Presiden RI menghadirkan pembahasan mengenai “Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri” yang akan digelar pada Sabtu 13 April 2019 malam.

Debat ini menjadi pamungkas sebelum pemilihan presiden pada tanggal 17 April mendatang.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekonomi, Debat Capres, Pilpres 2019

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup