Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEK FAKTA, Truk Tulisan Kanji Bersegel KPU, Ini Pemiliknya

Aptrindo DPD Jateng & DIY merasa perlu untuk meluruskan segala hal yang berkaitan dengan kegaduhan seputar truk beraksara Jepang.
Cuitan Andi Arief soal truk bertuliskan kanji bersegel KPU.
Cuitan Andi Arief soal truk bertuliskan kanji bersegel KPU.

Bisnis.com, SEMARANG — Aptrindo DPD Jateng & DIY merasa perlu untuk meluruskan segala hal yang berkaitan dengan kegaduhan seputar truk beraksara Jepang yang mengangkut kotak suara dari sebuah percetakan di Solo ke kantor KPU di Kulonprogo milik perusahaan angkutan di Yogyakarta yang merupakan salah satu anggotanya.

Aris Sriyono, General Manager PT Jaya Mulya Eralindo, mengungkapkan pihaknya mendapat pesanan muatan dari PT. Cabe Raya Surabaya yang merupakan rekanan dari pihak percetakan dan tidak ada hubungan bisnis sama sekali dengan KPU.

"Ya, memang benar truk yang diributkan dalam pemberitaan tersebut adalah milik perusahaan kami yang berdomisili di Ring Road Barat Kradenan Gamping, Sleman, DIY,” kata Aris yang juga menjabat sebagai Wasekjen DPD Aptrindo Jateng & DIY dalam pernyataan resmi, Rabu (13/3/2019).

Aris menambahkan, armadanya membawa kotak suara dari percetakan PT. Nyata Grafika Media, Jalan Adi Sumarmo 138, Kartasura, Sukoharjo ke kantor KPU di Kulonprogo, dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian Polres Surakarta.

Diberitakan sebelumnya, Andi Arief, Mantan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat,  kembali menyebar foto melalui akun Twitternya yang membuat penyelenggara pemilihan umum meradang. Kali ini truk bertuliskan kanji Jepang dengan segel Komisi Pemilihan Umum.

Baru saja selesai dari kasus narkoba, Andi Arief kembali memanaskan suhu politik dengan mencoba mempermasalahkan logistik pemilu.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz mengatakan bahwa apabila ada kecurangan atau berita simpang siur lebih baik menghubungi dirinya.

“Kalau disebarkan kan belum tentu jelas. Dosa loh nyebarin hal yang belum jelas. Biarkan publik akan menilai siapa dari masing-masing pihak. Orang itu kan sekarang akan dilihat dari postingannya,” katanya di Gedung KPU, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Viryan mengimbau agar Andi atau siapapun masyarakat ikut andil berpartisipasi dalam pemilu. Dia berterima kasih jika ada masukan, terlebih disampaikan langsung kepada instansinya.

Komisioner KPU Ilham Saputra menceritakan bagaimana truk berulis kanji bisa ada. Dia menjelaskan bahwa itu merupakan penurunan logistik di Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta. Pemenang lelang itu adalah konsorsium Temprina yang pabriknya ada di Solo. 

“Jadi tidak ada itu surat suara dari Cina. tidak ada. Sekali lagi itu adalah surat suara yang dikirimkan pemenang atau kemudian penyedia surat suara yang kita kirimkan ke Kabupaten Kulonprogo,” jelasnya.

Sementara itu wanita yang terpampang dalam foto tersebut adalah Ketua KPU Kulonprogo bernama Mutiah. Dia dikawal oleh polisi yang mengamankan surat suara.

“Kemudian diangkut oleh logistik yang kebetulan kebanyakan kontainernya itu diimpor dari Singapura. seperti itu. Jadi tidak ada itu surat suara yang dicetak di Sina, dicoblosin, dan sebagainya,” ucapnya.

Andi Arief pada cuitan 12 Maret setelah foto yang diunggahnya 11 Maret menimbulkan spekulasi, menuliskan: KPU yth, makanya jangan berburuk sangka pada niat baik. Tuitan tersebut disertai link berita penjelasan dari Ibah Muthiah, Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta - sekaligus perempuan di foto tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper