Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DUBES RI UNTUK PERU & BOLIVIA, MARINA E. ANWAR BEY: “Lagi-Lagi, Soal Jarak & Bahasa”

Bisnis.com, JAKARTA – Peru dan Bolivia berperan penting bagi Indonesia untuk bisa menembus pasar di Amerika Latin. Hal itu sejalan dengan target pemerintah mengembangkan akses perdagangan ke pasar-pasar nontradisional. Untuk menggali mengenai peluang kerja sama, Bisnis berkesempatan mewawancarai Duta Besar RI untuk Peru merangkap Bolivia Marina Estella Anwar Bey. Berikut kutipannya:
Duta Besar Indonesia LBBP untuk Peru Merangkap Bolivia Marina Estella Anwar Bey./Bisnis-Istimewa
Duta Besar Indonesia LBBP untuk Peru Merangkap Bolivia Marina Estella Anwar Bey./Bisnis-Istimewa

Apa visi besar Anda dalam memperkuat hubungan Indonesia dengan Peru dan Bolivia?

Visi besar saya adalah memajukan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi dan pariwisata. Saya berharap Peru dan Bolivia bisa menjadi hub bagi produk-produk Indonesia ke negara-negara Amerika Latin lainnya.

Oleh karena itu, saya senang ketika Menlu Retno Marsudi berkunjung ke Peru dan mengingatkan pemerintah Peru untuk memulai kembali perundingan perdagangan. Saya kira hal itu akan menguntungkan kedua negara terutama para pelaku usaha.

Sebagai pasar nontradisional, potensi Peru dan Bolivia perlu digali. Mereka harus diperkenalkan dengan potensi dan produk-produk Indonesia yang dilihat memiliki kualitas yang baik dan harga yang kompetitif.

Visi lainnya adalah memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Peru dan Bolivia dalam rangka meningkatkan arus wisatawan kedua negara ke Indonesia. Saat ini sangat sedikit orang Peru dan Bolivia yang mengenal Indonesia dan sebaliknya.

Apa saja langkah yang Anda lakukan agar Indonesia bisa lebih dikenal?

Kami berusaha memperkenalkan tidak hanya destinasi wisata namun juga bahasa dan kebudayaan Indonesia melalui berbagai kegiatan promosi pariwisata, pemberian kursus Bahasa Indonesia dan seni tari. Selain itu kami juga berusaha meningkatkan kerjasama people to people contact dengan memberikan beasiswa Darmasiswa dan beasiswa Negara Berkembang untuk mahasiswa Peru dan Bolivia. Yang tidak kalah pentingnya adalah visi mengupayakan bebas visa bagi WN Indonesia ke Bolivia dan membentuk Forum Bilateral RI-Bolivia. Dengan demikian diharapkan hubungan pelaku usaha RI-Bolivia mudah terjalin dan hubungan antar pejabat kedua negara menjadi lebih mudah dengan adanya forum konsultasi bilateral tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper