Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dijadikan Sasaran IS, Ratusan Orang di Nigeria Mengungsi

Ratusan orang di bagian timurlaut Nigeria mengungsi ke Maiduguri, ibu kota negara bagian Borno, karena kota mereka dijadikan sasaran oleh para militan terkait Islamic State (IS).
Tentara Islamic State/Reuters
Tentara Islamic State/Reuters

Bisnis.com, MAIDUGURI, Nigeria – Ratusan orang di bagian timurlaut Nigeria mengungsi ke Maiduguri, ibu kota negara bagian Borno, karena kota mereka dijadikan sasaran oleh para militan terkait Islamic State (IS), kata sejumlah saksi mata Reuters pada Minggu (30/12/2018).

Peningkatan serangan oleh para militan dan pergolakan di kawasan itu berlangsung menjelang pemilihan umum presiden.

Presiden Muhammadu Buhari akan kembali mencalonkan diri dalam pemilihan itu untuk periode kedua. Keamanan telah menjadi isu kampanye setelah serangkaian serangan.

Negara Islam di Afrika Barat (ISWA), satu faksi Boko Haram, mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap pangkalan militer di Baga, kota bagian timur negara bagian Borno. Menurut tentara Nigeria serangan itu terjadi pada Rabu malam.

Pertempuran untuk menguasai Baga - kota strategis di Nigeria karena berbatasan dengan Niger, Chad dan Kamerun - memaksa ratusan orang menyelamatkan diri ke Maiduguri, 200 km di sebelah selatan.

Para saksimata melihat ratusan orang tiba di Mauduguri dan berkumpul di satu terminal bus di pinggiran kota itu.

"Di Baga, kami berada di tangan Boko Haram karena kemarin mereka berkeliling dengan senjata mesin dan motor," kata Abdul Kami, warga Baga, pada Sabtu, melukiskan serangan atas kota itu.

Warga masyarakat pada Jumat mengatakan sedikitnya 10 orang tewas dalam serangan di Baga.

Pemberontakan Boko Haram, yang Buhari berjanji akan tumpas saat ia menjabat pada tahun 2015, bertujuan membentuk negara Islam di bagian timurlaut Nigeria.

Kelompok tersebut memaksa sekitar 2,7 juta orang meninggalkan rumah-rumah mereka sejak 2009 dan membunuh sekitar 30.000 orang.

Militer dan kelompok pemberontak juga bentrok di Maguno, satu kota yang dekat dengan Baga. Tetapi IS, dalam pernyataan yang disiarkan melalui kantor beritanya Amaq, mengatakan para petempurnya "membunuh dan melukai puluhan orang, menyandera sejumlah orang, membakar barak-barak dan menyita senjata dan amunisi".

Pengeritik Buhari merujuk serangan-serangan dalam beberapa pekan terakhir ini untuk mengecam rekam jejak keamanan mantan jenderal itu. Secara khusus, mereka menyoroti serangan atas satu pangkalan tentara di Metele, negara bagian Borno yang menewaskan sekitar 100 prajurit.

Serangan-serangan oleh Boko Haram menjelang pemilihan umum tahun 2015 melemahkan presiden waktu itu Goodluck Jonathan dan membantu Buhari mengalahkannya dalam pemungutan suara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper