Jumlah Polwan Baru 8,3%, Kapolri: Saya Belum Puas

Kapolri Jenderal Pol. Muhammad Tito Karnavian mengaku belum puas dengan jumlah anggota Polisi Wanita yang baru mencapai 36.595 di seluruh Indonesia.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 27 Desember 2018  |  17:45 WIB
Jumlah Polwan Baru 8,3%, Kapolri: Saya Belum Puas
Sejumlah Polisi Wanita (Polwan) bersiap mengikuti upacara peringatan HUT Ke-70 Polwan di Monas, Jakarta, Senin (3/9/2018). - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA--Kapolri Jenderal Pol. Muhammad Tito Karnavian mengaku belum puas dengan jumlah anggota Polisi Wanita yang baru mencapai 36.595 di seluruh Indonesia.

Menurut Tito, total jumlah anggota Polwan sebanyak 36.595 Polwan tersebut baru mencapai 8,3% dari total keseluruhan anggota Korps Bhayangkara di Tanah Air.

Tito berharap tahun depan Polri dapat menambah jumlah anggota Polwan lebih banyak lagi, meskipun dia tidak menjelaskan target Polwan yang akan direkrut pada tahun depan.

"Jumlah Polwan saat ini di Korps Bhayangkara baru 8,3% atau 36.595 Polwan dari total keseluruhan anggota Polri di seluruh Indonesia. Saya pribadi masih merasa belum puas dengan angka ini," tutur Tito, Kamis (27/10/2018).

Tito berpandangan bahwa peranan Polwan sangat penting terkait upaya penegakan hukum yang akan dilakukan tim penyidik Polri. Menurut Tito, Polwan dinilai lebih mudah mendekati korban, saksi, maupun tersangka karena biasanya memiliki ikatan emosional yang kuat.

Selain itu, menurut Tito, Polwan juga tidak mudah melakukan pelanggaran seperti tindak pidana korupsi atau pungli di Korps Bhayangkara. Sehingga, dengan demikian menurut Tito, Polri akan menaikkan jumlah anggota Polwan pada tahun depan.

"Polwan ini bisa lebih kebal terhadap budaya koruptif. Jadi semakin banyak Polri didominasi oleh wanita, itu akan semakin baik ke depannya," ujar Tito.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
polri, polwan, Tito Karnavian

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top