Institut Teknologi Del sudah Luluskan 1.305 Sarjana

Institut Teknologi Del, Sumut hingga kini telah meluluskan 1.305 sarjana yang selama ini mengakomodasi minat para pemuda daerah setempat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi
Samdysara Saragih | 08 September 2018 15:21 WIB
Luhut B. Pandjaitan - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA –Institut Teknologi Del, Sumut hingga kini telah meluluskan 1.305 sarjana yang selama ini mengakomodasi minat para pemuda daerah setempat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pendidikan tinggi tersebut merupakan mimpinya untuk melahirkan pemikir dan ilmuwan kelas dunia dari Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatra Utara.

Untuk itulah, pada 2001 Luhut merintis Yayasan Del, yang kelak melahirkan Institut Teknologi Del (IT Del), di kampung halamannya tersebut. Kampus megah kini berdiri di bekas hamparan tanah kosong tempat kerbau-kerbau dulu ditambatkan.

“Kemarin kami menyambut kedatangan mahasiswa-mahasiswi baru, dan hari ini melepas wisudawan-wisudawati. Mulai 2001-2018, sudah 1.305 siswa diluluskan,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/9/2018).

Luhut mengatakan IT Del didirikan untuk putra daerah setempat yang tidak bisa melanjutkan kuliah ke Pulau Jawa. Dengan demikian, mereka tetap bisa mengakses pendidikan terbaik di desa pinggiran Danau Toba itu.

“Kami rindu bisa melahirkan pemikir atau ilmuwan Indonesia dari daerah ini yang bisa berkontribusi di tingkat nasional, bahkan dunia,” ujar Ketua Pembina Yayasan Del ini.

Luhut mengakui bahwa mimpi besar tersebut tidak dapat dikerjakannya sendiri. Dia pun merasa terbantu dengan dukungan dari dosen, staf, pengurus yayasan, dan mahasiswa.

Melihat usaha dan pengabdian mereka, politisi Partai Golkar ini percaya bahwa kelak mimpi tersebut dapat terwujud.

“Mungkin 10 atau 20 atau 30 tahun lagi. Saat itu saya dan istri mungkin sudah pergi dari dunia ini.  Tapi kami percaya, mimpi kami akan tetap hidup bersama mereka,” tuturnya.

Ketika diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2005, IT Del masih bernama Politeknik Informatika Del.

Perubahan nomenklatur kampus terjadi pada 5 Juli 2013 lewat SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Perubahan nama perguruan tinggi mencakup pula izin menyelenggarakan pendidikan program sarjana, diploma IV, dan diploma III. Kini, IT Del memiliki tiga fakultas dan delapan program studi.

Tag : pendidikan tinggi, Luhut Pandjaitan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top