SKANDAL 1MDB: Penyidik Incar Anak Tiri Najib Razak

Dugaan skandal korupsi di lembaga investasi milik negara, 1MDB, bakal menyeret keluarga mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak. Salah satu orang yang dalam beberapa hari terakhir di bawah pengawasan ketat adalah Riza Aziz, anak tiri Najib.
JIBI | 09 Juli 2018 09:22 WIB
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan istrinya Rosmah. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dugaan skandal korupsi di lembaga investasi milik negara, 1MDB, bakal menyeret keluarga mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak. Salah satu orang yang dalam beberapa hari terakhir di bawah pengawasan ketat adalah Riza Aziz, anak tiri Najib.

Riza terlihat sudah menjadi incaran tim penyidik. Dia dicecar 22 pertanyaan oleh penyidik selama empat hari dan berakhir pada Jumat (6/7/2018). Riza adalah anak Rosmah Mansor, istri Najib dari pernikahan sebelumnya.

Dikutip dari situs scmp.com pada Senin (9/7/2018), Riza menjadi incaran setelah produser film Riza, Red Granite Pictures, sepakat untuk membayar ke Pemerintah Amerika Serikat uang sebesar US$ 60 juta demi menyelesaikan gugatan hukum yang mengancam penyitaan aset-aset yang diduga dibeli dari uang 1MDB.

Riza dan pengusaha asal Malaysia, Jho Low, diduga kuat dalang dibalik skandal korupsi 1MDB. Nama keduanya sudah masih dalam gugatan hukum oleh Kementerian Kehakiman Amerika Serikat. Sama seperti ayah tirinya, Riza menyangkal terlibat dalam dugaan korupsi US$ 4.5 miliar dana 1MDB.

Selain Riza, Jaksa Penuntut, Tommy Thomas, juga mengincar Rosmah, yang pada Juni 2018, sudah disidik. Rosmah dikenal suka hidup bermewah-mewah.

Wall Street Journal baru-baru ini dalam laporannya menyebut tim jaksa penuntut kemungkinan akan menuntut istri Najib itu secara hukum karena perannya di 1MDB dan penyitaan barang-barang mewah miliknya. Pengacara Rosmah mengatakan laporan itu adalah fitnah.

 

Sumber : Tempo

Tag : perdana menteri najib razak
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top