Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Baru CIA: Inilah Fakta dan Kontroversi Tentang Gina Haspel

Presiden AS Donald Trump telah memilih Gina Haspel sebagai bos baru CIA, menggantikan Michael Richard Pompeo yang didapuk menjadi Menlu setelah Tillerson didepak.
Senator John McCain dari Arizona, mantan tawanan perang  Vietnam mengintip melalui lubang ke dalam sel penjara yang dikenal sebagai Hanoi Hilton./Reuters
Senator John McCain dari Arizona, mantan tawanan perang Vietnam mengintip melalui lubang ke dalam sel penjara yang dikenal sebagai Hanoi Hilton./Reuters

Sosok Berprestasi vs Oposisi

Di luar kontroversi yang ada, Gina Haspel adalah sosok berprestasi di CIA. Itu sebabnya ia dipercaya menjadi wakil direktur CIA di masa Mike Pompeo memimpin.

Jika penunjukkan Trump disetujui Senat, maka Haspel akan menjadi wanita pertama yang memimpin Central Intelligence Agency.

Namun, dia harus siap menghadapi pemeriksaan ketat dalam audiensi untuk menyelidiki keterlibatannya di fasilitas “gelap" yang keberadaannya tidak diakui secara resmi oleh pemerintah AS tersebut.

Tantangan di Senat bukan perkara kecil terlebih dengan fakta bahwa Partai Republik hanya menguasai 51% kursi melawan 49% kursi demokrat. Jika semua anggota Demokrat menentang penunjukkan Haspel, begitu pula dengan beberapa anggota Partai Republik, maka Haspel pun harus menerima kenyataan.

Sinyal penolakan misalnya diperlihatkan Senator Rand Paul yang telah mengadakan konferensi pers pada hari Rabu (14/3/2018).

"Penyiksaan tahanan di fasilitas penahanan AS selama satu dekade terakhir adalah salah satu bab paling gelap dalam sejarah Amerika," kata Senator Republik John McCain.
Cain sendiri adalah korban penyiksaan saat dirinya menjadi tawanan perang di Vietnam.

"Haspel perlu menjelaskan sifat dan tingkat keterlibatannya dalam program interogasi CIA selama proses konfirmasi," tegas Cain.

Pada 2009, beberapa hari setelah menjabat, Presiden Barack Obama yang berasal dari kubu Demokrat melarang "teknik interogasi yang disempurnakan," termasuk waterboarding, dan memerintahkan penutupan fasilitas penahanan rahasia tersebut.

Trump membela penyiksaan tahanan selama pemilihan presiden 2016, dengan mengatakan bahwa hal itu "berhasil."

Trump tidak melakukan tindakan apa pun untuk membalikkan kebijakan Obama. DI sisi lain pencalonan Haspel menimbulkan kekhawatiran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Kontroversi
Halaman Selanjutnya
Luka Lama Amerika
Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper