Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Kebudayaan Slovakia Mundur Gara-gara Kasus Pembunuhan Wartawan

Menteri Kebudayaan Slovakia Marek Madaric, anggota lama partai Smer, tempat Perdana Menteri Robert Fico berasal, mundur pada Rabu (28/2/2018) setelah pembunuhan seorang wartawan penguak mengguncang negara itu.
Bendera Slovakia/Istimewa
Bendera Slovakia/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Kebudayaan Slovakia Marek Madaric, anggota lama partai Smer, tempat Perdana Menteri Robert Fico berasal, mundur pada Rabu (28/2/2018) setelah pembunuhan seorang wartawan penguak mengguncang negara itu.

Secara terpisah, dua pejabat Slovakia, yang disebut-sebut dalam laporan terakhir Jan Kuciak, mengatakan dalam pernyataan bahwa mereka mundur sambil menunggu hasil penyidikan atas pembunuhan Jan Kuciak, wartawan yang memusatkan tugas mengungkap kecurangan dan kronisme.

Dua pejabat tersebut, yakni Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Viliam Jasan dan pembantu Perdana Menteri Robert Fico, Maria Troskova, membantah memiliki keterlibatan apa pun dalam pembunuhan Kuciak.

Laporan terakhir, yang dibuat Kuciak, mengungkapkan dugaan bahwa kedua pejabat itu memiliki hubungan dengan seorang pengusaha Italia sebelum keduanya masuk ke pemerintahan. Laporan tersebut tidak menunjukkan ada kesalahan, yang dilakukan keduanya.

Jasan dan Troskova mengumumkan pengunduran diri setelah Menteri Kehakiman Lucia Zitnanska dan para pemimpin oposisi mendesak keduanya agar meletakkan jabatan.

Tewas Ditembak

Kuciak, 27 tahun, menulis laporan soal dugaan-dugaan kejahatan oleh para pengusaha, yang beberapa di antaranya memiliki hubungan dengan para politisi Slovakia.

Kuciak dan kekasihnya ditemukan tewas tertembak pada akhir pekan ini. Kepolisian mengatakan pembunuhan tersebut tampaknya berkaitan dengan tugas yang dijalankan Kuciak.

Menteri Marek Madaric mengatakan dalam acara jumpa pers yang disiarkan televisi di Ibu Kota negara Slovakia, Bratislava, "Sudah jelas, saya sebagai menteri kebudayaan tidak bisa membiarkan ada wartawan terbunuh dalam masa jabatan saya."

Perkara Kuciak adalah pembunuhan pertama kali terhadap wartawan di Slovakia dan yang kelima di Uni Eropa dalam satu dekade terakhir, menurut lembaga Wartawan Tanpa Batas (RSF).

Pada Oktober, seorang penulis daring antikorupsi Malta bernama Daphne Caruana Gazilia tewas dalam ledakan bom mobil.

Laporan terakhirnya membahas dugaan kaitan antara para pengusaha Italia di Slovakia timur dan kelompok-kelompok mafia Italia, yang dihubungkan dengan dugaan penyelewengan subsidi Uni Eropa.

Laporan tersebut merupakan upaya bersama Proyek Pelaporan Korupsi dan Kejahatan Terorganisasi Internasional (OCCRP), Pusat Jurnalisme Investigatif Ceko, serta Proyek Laporan Investigatif Italia.

Pembunuhan Kuciak menimbulkan kemarahan di dalam negeri, yang telah lama tersulut laporan media setempat soal hubungan antara para pengusaha para politisi.

Partai oposisi pada Rabu (28/2/2018) sore di Bratislava menggelar aksi unjuk rasa atas terbunuhnya Kuciak. Demostrasi lainnya dijadwalkan berlangsung di beberapa kota pada Jumat.

Robert Fico, yang telah berkuasa selama 10 tahun dalam 12 tahun terakhir initelah menyatakan tekad untuk memerangi korupsi dan kronisme walaupun dia sendiri dihujani kritik karena menyewa sebuah apartemen dari seorang pengusaha properti, yang sedang berada di bawah penyelidikan atas dugaan mengemplang pajak.

Pada tahun lalu, ribuan orang berdemonstrasi di Bratislava untuk mendesak Menteri Dalam Negeri Robert Kalinak mundur dari jabatannya terkait kesepakatan bisnis dengan pengusaha properti. Kedua pejabat itu membantah melakukan kesalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper