Besok, DKPP Sumpah 136 Orang Tim Pemeriksa Daerah 2018

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ataui DKPP akan menyelenggarakan pengesahan dan pengambilan sumpah Tim Pemeriksa Daerah 2018.
Fitri Sartina Dewi | 28 Februari 2018 20:52 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ataui DKPP akan menyelenggarakan pengesahan dan pengambilan sumpah Tim Pemeriksa Daerah 2018.

Kegiatan itu akan dilangsungkan di Hotel Aryaduta, Jalan Tugu Tani, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018). Rencananya, kegiatan itu dihadiri para penyelenggara pemilu, stakeholders, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Biro Administrasi DKPP Bernad D. Sutrisno mengatakan Tim Pemeriksa Daerah 2018 yang akan diambil sumpah sebanyak 136 orang yang terdiri dari unsur KPU dan Bawaslu Provinsi serta tokoh masyarakat atau akademisi.

Kegiatan ini sebagai amanat UU No. 7/2017 Pasal 164 ayat 1 yang menyatakan dalam melaksanakan tugasnya DKPP dapat membentuk tim pemeriksa daerah (TPD) di setiap provinsi yang bersifat ad hoc. Pada ayat dua (2) Tim Pemeriksa Daerah di setiap provinsi masing-masing berjumlah empat orang.

“Tim Pemeriksa Daerah akan membantu DKPP dalam memeriksa dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu di daerah,” kata Bernard melalui keterangan resmi, Rabu (28/2/2018).

Pada saat bersamaan, DKPP juga akan merilis logo, dan pataka, pakaian dinas DKPP dan majalah Dial-Etika. Logo dan seragam ini sudah diatur dalam Peraturan DKPP No. 1/2018 tentang Logo, Pataka, dan Pakaian Dinas di Lingkungan DKPP.

Tag : pemilu, dewan kehormatan penyelenggara pemilu (dkpp)
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top