Sudirman Said Inginkan Solusi Permanen untuk Nelayan Cantrang

Calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said berharap ada solusi permanen terhadap persoalan yang dihadapi nelayan cantrang
Alif Nazzala Rizqi | 21 Februari 2018 20:57 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diapit oleh calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sudirman Said diusung Partai Gerindra sebagai cagub dari Gerindra - Istimewa

Kabar24.com, TEGAL -- Calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said berharap ada solusi permanen terhadap persoalan yang dihadapi nelayan cantrang.

"Saya berharap segera ada regulasi yang dapat membuat para nelayan bisa berlayar secepatnya dan selama-lamanya, tanpa ada hambatan," ucap Pak Dirman dalam keterangan pers, Rabu (21/2/2018).

Dalam dialog dengan para nelayan Pak Dirman banyak mendengarkan aspirasi mereka, utamanya masalah penggunaan cantrang.

"Para nelayan merasa dibohongi. Presiden sudah membolehkan cantrang, tapi kenyataannya nelayan yang ingin melaut dihambat dengan aturan-aturan yang memberatkan nelayan," kata sesepuh nelayan Tegal, Hadi Santoso.

Nelayan lainnya, Said Aqil mengatakan, sampai saat ini dirinya was-was jika melaut, karena adanya peraturan khususnya soal cantrang.

"Saya dan kawan-kawan saat ini melaut tidak tenang. Masak mencari ikan di laut sendiri seperti melaut di negeri orang, di tempat asing," katanya.

Di hadapan ratusan nelayan yang ikut dalam dialog tersebut, pasangan Ida Fauziah ini berjanji, jika dirinya terpilih akan membantu para nelayan guna menemukan solusi permanen terhadap persoalan yang dihadapi sehingga para nelayan dapat melaut dengan tenang dan aman.

"Kalau terpilih, saya akan mengecek sejauhmana kewenangan gubernur. Tapi sebagai kepala daerah saya wajib melindungi warga saya supaya bisa bekerja sesuai profesinya agar hidupnya jadi baik," katanya.

Pak Dirman yakin, seluruh kebijakan bisa ditinjau ulang. Karena menurutnya kebijakan adalah alat untuk memakmurkan masyarakat.

"Tapi kalau nyatanya menyengsarakan rakyat kan perlu ditinjau ulang," tambahnya.

Dia kembali menegaskan, nelayan dan pemerintah harus memiliki solusi permanen, bukan solusi yang setelah satu tahun dijalankan setelah itu diributkan lagi, terutama dalam hal cantrang.

"Secara praktis saat ini nelayan tidak bisa bekerja karena tidak punya alternatif. Dan itu membuat nelayan sangat tidak tenang karena tidak bisa melaut," tegas dia.

Dalam kesempatan itu juga Pak Dirman melantik para ketua kelompok nelayan menjadi ketua relawan pemenangan Pak Dirman-Mba Ida. Para nelayan Tegal bertekad memenangkan Pak Dirman dalam Pilgub Jateng tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pilgub jateng 2018, sudirman said

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top