Ini 18 Calon Komisioner KPPU, Mayoritas Akademisi

Figur dengan latar belakang akademisi, yaitu Kodrat Wibowo, Eugenia Mardanugraha, Guntur Syahputra Saragih, Kurnia Toha, Muhammad Handry Imansyah, Ningrum Natasya Sirait, dan Rima Agristina. Selain itu, ada juga Rektor Universitas Islam Darul Ulum, Afif Hasbullah.
David Eka Issetiabudi | 07 Desember 2017 16:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo yang berisi usulan 18 nama calon anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk masa jabatan 2017 – 2022.

Nama-nama yang lolos seleksi Tim Pansel memiliki latar-belakang beragam, mulai dari akademisi, konsultan, hingga pegawai KPPU. Dalam Lampiran Surat Presiden No. R-51/Pres/11/2017, pada 22 November lalu telah disampaikan ke DPR.

Figur dengan latar belakang akademisi, yaitu Kodrat Wibowo, Eugenia Mardanugraha, Guntur Syahputra Saragih, Kurnia Toha, Muhammad Handry Imansyah, Ningrum Natasya Sirait, dan Rima Agristina. Selain itu, ada juga Rektor Universitas Islam Darul Ulum, Afif Hasbullah.

Dari internal KPPU, ada Arnold Sihombing, Dinni Melanie, Chandra Setiawan, dan Mohammad Reza. Arnold dan Dinnie merupakan investigator, Chandra saat ini merupakan Komisioner KPPU, dan Reza merupakan staf ahli Ketua KPPU.

Di luar akademisi dan figur dari internal KPPU, ada juga Binsar Jon Vic S, pegawai PT Bukit Asam, Harry Agustanto, Direktur Eksekutif Prospera Institute Ukay Karyadi, Abdulhamid Dipopramono, Yohanes Berchman Suhartoko dan Yudi Hidayat.

Ke-18 nama calon komisioner KPPU itu hasil saringan dari 225 pelamar yang lulus administrasi pada Oktober lalu. Setelah melewati rangkaian uji kompetensi hingga wawancara terbuka, terpilihlah 18 nama tersebut.

DIPERPANJANG

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman Natawijaya menyatakan pemilihan komisioner KPPU belum dapat dilakukan oleh DPR pada Masa Sidang II 2017. Pasalnya, rapat-rapat Komisi VI sudah terjadwal hingga 12 Desember 2017.

“Karena perlunya dilakukan assesment secara mendalam terhadap para calon komisioner KPPU sesuai Pasal 32 Undang-Undang No. 5/1999,” tuturnya dalam Surat Persetujuan Anggota KPPU No. TU/178/KOM.VI/DPR RI/XII/2017.

Selain itu, Komisi VI meminta agar tidak terjadi kekosongan dalam keanggotaan KPPU, maka masa jabatan komisioner KPPU periode 2012--2017 diperpanjang sampai pengangkatan komisioner yang baru. Hal tersebut merujuk pada Pasal 31 ayat (4) UU No. 5/1999.

Berikut Daftar Nama Calon Anggota KPPU Masa Jabatan Tahun 2017 – 2022

  1. Abdulhamid Dipopramono
  2. Afif Hasbullah
  3. Arnold Sihombing
  4. Binsar Jon Vis S
  5. Chandra Setiawan
  6. Dinni Melanie
  7. Eugenia Mardnugraha
  8. Guntur Syahputra Saragih
  9. Harry Agustanto
  10. Kodrat Wibowo
  11. Kurnia Toha
  12. Mohammad Reza
  13. Muhammad Handry Imansyah
  14. Ningrum Natasya Sirait
  15. Rima Agristina
  16. Ukay Karyadi
  17. Yohanes Berchman Suhartoko
  18. Yudi Hidayat

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kppu

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top