Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

11 Desa di Lampung Timur Berpredikat Rawan Pangan

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, mengatasi kerawanan pangan yang melanda 11 desa di daerah tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Oktober 2017  |  13:13 WIB
11 Desa di Lampung Timur Berpredikat Rawan Pangan
Kantor Bupati Lampung Timur, Provinsi Lampung - Antara
Bagikan

Kabar24.com, SUKADANA - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, mengatasi kerawanan pangan yang melanda 11 desa di daerah tersebut.

Kepala Bidang Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Lampung Timur, Dian Ratna Sari, menyebutkan 11 desa di Lampung Timur mendapatkan predikat sebagai desa rawan pangan dari dinasnya.

Ke-11 desa itu ialah Desa Gunung Mulyo, Purwo Kencono Kecamatan Sekampung Udik, Desa Mekar Jaya Kecamatan Jabung, Desa Sumur Kucing Kecamatan Pasir Sakti, Desa Jembrana Kecamatan Waway Karya, Desa Melinting Kecamatan Tebing, Sumber Marga Kecamatan Way Jepara, Desa Rajabasa Lama Dua Kecamatan Labuhan Ratu, Desa Sukadana Timur, Desa Rantau Jaya Udik Kecamatan Sukadana dan Desa Sukacari Kecamatan Batang Hari Nuban.

"Meski 11 desa tersebut mendapatkan predikat rawan pangan, bukan berarti warga di desa itu kekurangan makan," kata Dian di Sukadana, Lampung Timir, pada Minggu malam (15/10/2017).

Menurut dia, 11 desa itu disebut sebagai desa rawan pangan dilihat dari aspek ketersediaan pangannya, yang indikatornya minimnya jumlah warung dan toko di desa tersebut, kemudian aspek keterjangkauan pangan, indikatornya rendahnya kesehatan warga dan minimnya ketersediaan infrastruktur seperti listrik dan jalan.

Selanjutnya aspek pemanfaatan pangan, indikatornya minimnya ketersedian air bersih dan banyaknya jumlah anak yang tidak sekolah umur 7-15 tahun.

Menurut dia, pihaknya bersama dinas terkait serius menanggulangi kemiskinan di 11 desa itu melalui upaya pembinaan desa dan program sanitasi, penyediaan tenaga kesehatan dan penyediaan bantuan pangan. "Bantuan pangan seperti beras dan bantuan bibit sayuran untuk ditanam warga di lahan pekarangan.”

Dian berharap upaya itu dapat menanggulangi kerawanan pangan dan menghapus kemiskinan di 11 desa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lampung rawan pangan

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top