KUNJUNGAN WAPRES AS MIKE PENCE: Kerja Sama Harus Saling Menguntungkan & Adil

Pemerintah memastikan komitmen kerja sama strategis yang akan dibahas bersama dengan Amerika Serikat akan bersifat saling menguntungkan dan adil.
Rio Sandy Pradana | 20 April 2017 18:01 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menunggu kedatangan para kepala negara dan pemerintahan disela-sela KTT IORA 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (7/3). - Antara/Rosa Panggabean

Kabar24.com, JAKARTA — Pemerintah memastikan komitmen kerja sama strategis yang akan dibahas bersama dengan Amerika Serikat akan bersifat saling menguntungkan dan adil.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berulang kali menekankan kerja sama yang bersifat win-win solution dan fair trade.

"Kalau kita bekerja sama akan sulit kalau tidak memegang prinsip itu. Kami bertanggung jawab kepada rakyat Indonesia, begitu juga dengan Pemerintah AS," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (20/4/2017).

Kendati demikian, Retno mengakui kerja sama tersebut tidak semua bidang akan menguntungkan Indonesia. Semuanya akan dihitung dan dipertimbangkan secara jelas.

Saat ini, imbuhnya, kesepakatan bisnis yang dijalin dengan AS seluruhnya di bidang energi, yakni masalah limbah menjadi energi, geothermal, hingga advance service unit.

Tag : jokowi
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top