HASIL PILGUB DKI 2017: Jangan Lupa Ikuti Quick Count Di Sini

Warga Jakarta dapat mengikuti penghitungan cepat (quick count) hasil putaran kedua Pemilihan Gubernur DKI 2017 yang akan digelar Rabu (19/4/2017) melalui Google Playstore.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 19 April 2017  |  05:31 WIB
HASIL PILGUB DKI 2017: Jangan Lupa Ikuti Quick Count Di Sini
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan (ketiga kanan), Perwakilan Pangdam Jaya/Jayakarta Kolonel Kav. Marsudi (ketiga kiri), Ketua Bawaslu Mimah Susanti (kedua kanan), Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno (kedua kiri), Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono (kiri) dan Asisten Pemerintah DKI Jakarta Bambang Sugiyono (kanan) bertumpu tangan usai rapat koordinasi, di Jakarta, Rabu (29/3). - Antara/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Jakarta dapat mengikuti penghitungan cepat (quick count) hasil putaran kedua Pemilihan Gubernur DKI 2017 yang akan digelar Rabu (19/4/2017) melalui Google Playstore.

Lembaga survei dari Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) mengajak masyarakat untuk turut aktif memantau Pilkada DKI 2017 melalui aplikasi digital.

"Untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi quickcount, KedaiKOPI kembali mengajak masyarakat Jakarta memantau langsung melalui aplikasi "SuaraTPS" yang dapat diunduh melalui 'Google Playstore'," kata Hendri Satrio melalui keterangan tertulis kepada Antara di Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Pendiri KedaiKOPI, Hendri Satrio mengatakan pada era teknologi seperti saat ini semua informasi bisa diperoleh dengan sangat cepat. "Tinggal unduh dan langsung bisa pantau secara aktual atau real-time darimana pun selama terhubung dengan koneksi internet," kata Hendri.

(Ikuti LIVE REPORT PILKADA DKI di sini: Hasil Quick Count, Siapa Menang, Ahok-Djarot atau Anies Sandi?)

Pada quick count putaran kedua KedaiKOPI akan memantau 350 TPS Pilgub DKI 2017 di 172 kelurahan. Total suara reponden sebanyak 191.723 suara.

Pada putaran pertama, hasil quick count KedaiKOPI menempatkan pasangan calon nomor urut 2 (Basuki Tjahaja Purnama/Djarot Saiful Hidayat) di posisi pertama dengan raihan 43,74%. Pasangan calon nomor urut 3, Anies Baswedan/Sandiaga Uno, di tempat kedua dengan raihan 39,31%. Adapun pasangan calon nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono/Silviana Murni, menempati peringkat ketiga dengan perolehan 16,95% suara, dan tersingkir ke putaran kedua.


Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta Sumarno mengatakan pihaknya akan memberikan akses seluasnya kepada masyarakat untuk mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua.

"KPU Jakarta mengimbau masyarakat bisa dokumentasikan proses pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilkada Jakarta 2017 putaran kedua," kata Sumarno.

Ikuti quick count lewat aplikasi digital

 

Dia mengatakan, KPU Jakarta akan memberikan akses kepada masyarakat yang ingin mendokumentasikan proses pemungutan dan penghitungan suara dengan menggunakan foto dan video.



Hal itu, menurut dia, bagian dari salah satu upaya KPU Jakarta meminimalkan potensi kecurangan dalam pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Jakarta 2017 putaran kedua.

"Kami meningkatkan pengawasan agar meminimalkan potensi kecurangan yang terjadi, karena tiap tahapan pilkada ada potensi kecurangan," ujarnya lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilgub DKI 2017

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top