Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lulusan Seluruh Sekolah Ikatan Dinas Akan Disebar

Pemerintah akan menempatkan seluruh lulusan sekolah ikatan dinas di daerah, agar terjadi pemerataan aparatur sipil negara (ASN) dan pelayanan publik.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 16 Desember 2016  |  05:58 WIB
Ilustrasi-wisuda - Antara
Ilustrasi-wisuda - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah akan menempatkan seluruh lulusan sekolah ikatan dinas di daerah, agar terjadi pemerataan aparatur sipil negara (ASN) dan pelayanan publik.

Asman Abnur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), mengatakan pengelolaan pemerintahan dan negara membutuhkan ASN yang memiliki kompetensi dan profesionalisme.

Untuk itu, perlu pemerataan ASN di setiap daerah, agar terjadi pemerataan pelayanan publik. “ASN lulusan sekolah ikatan dinas akan ditempatkan di wilayah yang bukan daerah asalnya.

Jadi setelah lulus tidak langsung kembali ke daerah asal,” katanya, Kamis (15/12). Asman menuturkan kompetensi yang dimiliki ASN dalam melaksanakan pelayanan publik diperlukan untuk menghilangkan stigma kerja yang lamban dan lelet. Kompetensi yang dimiliki ASN juga akan memperkuat kesan profesional dengan hospitality saat menjalankan pelayanan publik.

Menurutnya, peningkatan profesionalisme dalam pelayanan publik juga akan meningkatkan daya saing Indonesia, sehingga tidak kalah dengan negara lain.

Selain itu, Asman juga menyebut ASN sebagai perekat bangsa, bukan sebagai perwakilan daerahnya masing-masing. “Tidak ada lagi ASN Padang, ASN Jawa, atau ASN daerah lain. Yang ada hanya ASN Nasional,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alumni Sekolah Ikatan Dinas
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top