Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SHINZO ABE: Tanpa AS, TPP Tidak Akan Berarti

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Senin menyatakan pakta perdagangan Kemitraan Lintas Pasifik (TPP) tidak akan berarti tanpa kesertaan Amerika Serikat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 November 2016  |  14:07 WIB
PM Jepang Shinzo Abe - Reuters
PM Jepang Shinzo Abe - Reuters

Bisnis.com, BUENOS AIRES -  Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Senin menyatakan pakta perdagangan Kemitraan Lintas Pasifik (TPP) tidak akan berarti tanpa kesertaan Amerika Serikat.

Sementara itu, presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mengatakan akan menarik negaranya dari kesepakatan perdagangan bebas seluruh Pasifik tersebut.

Abe, yang menghadiri pertemuan pemimpin TPP di Lima, Peru, pada Sabtu, mengatakan tidak ada pembahasan pada pertemuan tersebut, yang mengatakan bahwa anggota harus mencoba menempatkan pemberlakuan TPP tanpa Serikat Amerika, kata Abe kepada wartawan di Buenos Aires.

"TPP tidak akan berarti tanpa Amerika Serikat," kata Abe.

Trump melansir video pada Senin dengan mengatakan bahwa pekerjaan pertama pada hari pertamanya di Gedung Putih pada 20 Januari adalah termasuk menarik Amerika Serikat dari TPP.

Saat berkampanye dalam pemilihan presiden, dia berjanji menarik Amerika Serikat dari kesepakatan perdagangan melibatkan 12 negara tersebut dan menyebutnya bencana bagi lapangan pekerjaan.

Abe, yang bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pekan lalu untuk membahas kerja sama ekonomi dan garis batas wilayah berusia puluhan tahun, menekankan tekadnya pada konferensi pers di Buenos Aires untuk mengakhiri sengketa pulau di bawah kepemimpinannya.

"Ini adalah masalah yang tidak dapat diselesaikan tanpa hubungan kepercayaan antar pemimpin," kata Abe.

"Saya akan langsung berkomunikasi dengan Presiden Putin dan membuat satu langkah maju yang solid pada suatu waktu," katanya menambahkan.

Garis batas wilayah atas rantai pulau Pasifik Barat dirampas pasukan Soviet pada akhir Perang Dunia II, menyebabkan kekecewaan terhadap hubungan diplomatik karena menghalangi perjanjian perdamaian resmi Tokyo dengan Moskow.



Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shinzo abe tpp

Sumber : ANTARA/REUTERS

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top