Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WikiLeaks: Informasi Soal Hillary Bukan untuk Pengaruhi Hasil Pilpres AS

Pendiri laman WikiLeaks Julian Assange mengatakan informasi yang diterbitkan terkait Hillary Clinton tidak didasari keinginan untuk mempengaruhi hasil pemilihan presiden di Amerika Serikat, Selasa.
Pendiri Wikileaks Julian Assange. /Reuters
Pendiri Wikileaks Julian Assange. /Reuters

Kabar24.com, LISABON - Pendiri laman WikiLeaks Julian Assange mengatakan informasi yang diterbitkan terkait Hillary Clinton tidak didasari keinginan untuk mempengaruhi hasil pemilihan presiden di Amerika Serikat.

"Dalam beberapa bulan terakhir saya bersama WikiLeaks telah mendapat tekanan untuk menghentikan publikasi informasi terkait Hillary," kata Assange melalui penasihat hukumnya dalam konferensi teknologi Web Summit di Lisbon, Selasa (8/11/2016) seperti dikutip dari Antara, Rabu (9/11).

Menurutnya, ini bukan karena alasan pribadi untuk mempengaruhi hasil pemilu. WikiLeaks pada beberapa bulan terakhir telah menyiarkan ribuan surat elektronik yang diretas dari John Podesta, manajer kampanye kandidat presiden Partai Demokrat itu.

Assange mengatakan Wikileaks tidak memiliki informasi mengenai kandidat presiden Partai Republik, Donald Trump. "Kami tak dapat menyiarkan informasi yang tak dimiliki," katanya.

Menurutnya, dia dianggap sebagai sumber terpercaya untuk data terkait Hillary. "Jadi cukup wajar jika banyak sumber mengenai dirinya mendatangi kami. Tak ada yang menyangkal bahwa informasi ini penting diketahui masyarakat," tambahnya.

Dengan demikian, hal itu akan buruk bagi WikiLeaks jika menahan informasi dari masyarakat itu, khususnya saat masa pemilihan seperti sekarang. Assange mengatakan WikiLeaks akan terus menyiarkan informasi yang perlu diketahui masyarakat, tak melihat siapapun presiden yang terpilih nantinya.

"Kandidat presiden Partai Republik dan Demokrat masih menunjukkan sikap yang tak bersahabat untuk para 'pembuka informasi kontroversial' (whistleblower)," katanya.

Assange telah menetap di Kedutaan Ekuador di London sejak pertengahan 2012. Beberapa minggu lalu, pemerintah Ekuador mengaku membatasi akses internet untuk Assange. Banyak pihak berspekulasi negara itu telah ditekan pemerintah AS karena informasi mengenai Hillary tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper