Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Besar Bahasa Indonesia Terbaru Bisa Diakses Daring

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meluncurkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kelima (KBBI V) yang dapat diakses dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring), termasuk versi cetak terbaru.
Muhadjir Effendy/umm.ac.id
Muhadjir Effendy/umm.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meluncurkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kelima (KBBI V) yang dapat diakses dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring), termasuk versi cetak terbaru.

"Kami ingin menggairahkan orang Indonesia berbahasa Indonesia, agar lebih disiplin menggunakan bahasa yang baik dan benar," kata Muhadjir pada acara Puncak Bulan Bahasa di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, bahasa Indonesia harus terus dijaga oleh orang Indonesia sendiri terlebih bahasa tersebut merupakan salah satu yang paling banyak dipakai di dunia. Bahasa Indonesia merupakan urutan keempat bahasa yang paling banyak dipakai di seluruh dunia, bahkan mengalahkan bahasa Jepang dan Jerman.

Mendikbud juga ingin orang Indonesia bangga terhadap bahasanya, terlebih saat ini orang Melayu di Malaysia juga menggunakan bahasa Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Dadang Sunendar mengatakan KBBI daring terbaru dapat diakses di laman kbbi.kemdikbud.go.id.

Beberapa kelebihan KBBI dalam jaringan adalah kemampuannya untuk dikonversi ke versi cetak tanpa proses penyalinan manual seperti terjadi pada KBBI daring sebelumnya.

Kelebihan lainnya, kata dia, adalah KBBI elektronik yang terdiri dari daring dan luring dapat menekan ketidakkonsistenan pencarian kata atau frasa yang biasanya menyatu dengan pemberian label, kelas kata dan atribut informasi lain.

Dia mengatakan KBBI V juga lebih interaktif karena memberi kesempatan kepada pengguna untuk mengoreksi, memasukkan entri baru, memverifikasi dan memvalidasi isi dari KBBI. Total terdapat 127.036 lema dan makna yang terdapat di KBBI kelima versi daring, luring dan cetak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper