Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indikator Keberhasilan Puasa Seseorang Terlihat dari Bahasanya

Seseorang yang puasanya berhasil terlihat dari bahasanya yang selalu positif, terukur dari hasil olah jiwa dan pikiran yang baik.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Indikator keberhasilan puasa seseroang terlihat dari bahasanya yang selalu positif, terukur dari hasil olah jiwa dan pikiran yang baik.

Sukron Kamil, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan bahasa yang baik merupakan salah satu indikator seseorang yang puasanya berhasil.

“Artinya untuk memunculkan bahasa yang baik, hal pertama yang dibenahi adalah pikiran. Jadi, kalau mau mereformasi diri, maka yang harus dibenahi adalah pikiran dan dilanjutkan dengan bahasa,” katanya, Rabu (22/6/2016)

Menurutnya, dalam teori Noam Chomsky dijelaskan bahwa bahasa itu terkait dengan pemikiran dan bahasa tersebut bisa diubah, karena sebuah fenomena bisa saja digunakan dengan bahasa yang dinamis.

Untuk itu, lanjutnya, pikiran akan melahirkan bahasa dan seseorang dapat dilihat dari pikirannya dan kegelisahan intelektual seseorang juga bisa dilihat dari bahasanya.

Dia menjelaskan fenomena dapat dilihat dari bahasa, dan setiap kejadian akan disikapi manusia tergantung dari pola pikir yang dimilikinya. Apakah dia berpikir positif atau negatif terhadap fenomena tersebut.

“Sebab, badan kita hanya mengikuti apa yang akal dan pikiran perintahkan. Kalau akal mengatakan harus sanggup maka kita akan sanggup meski sebenarnya tidak mau,” ujarnya dalam ceramah Ramadan di masjid Al Jamiah UIN Jakarta.

Kamil mengungkapkan puasa adalah perisai, sehingga seseorang yang melaksanakan puasa tidak akan berkata atau berbahasa kotor (rafats) dan tidak pula bertingkah laku jahil seperti mengejek atau bertengkar.

Dia juga mengutip pernyataan M. Fuad Abdul Baqi dalam kitabnya Alu’lu wal Marjan, bahwa rafats adalah tidak berbuat buruk di dalam omongan dan kata jahil diartikan tidak mengerjakan pekerjaan orang-orang bodoh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper