Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UI Wakili Indonesia di Pusat Penelitian Komputasi Terbesar

Mahasiswa Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) I Made Sanadhi Sutandi berhasil mewakili Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan OpenLab Summer Research Program 2016 di CERN - salah satu Pusat Riset Komputasi & Partikel Fisika terbesar di dunia.
UI mengaku berbangga hati. /Bisnis.com
UI mengaku berbangga hati. /Bisnis.com

Kabar24.com, DEPOK- Mahasiswa Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) I Made Sanadhi Sutandi berhasil mewakili Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan “OpenLab Summer Research Program 2016” di CERN - salah satu Pusat Riset Komputasi & Partikel Fisika terbesar di dunia.

Sanadhi yang berhasil menggungguli 1.461 mahasiswa lainnya dari seluruh dunia itu, akan terlibat secara langsung dalam proyek pengembangan sistem IT selama delapan minggu (20 Juni – 21 Agustus 2016) di Jenewa, Swiss.

CERN (Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire) atau dalam bahasa Indonesia berarti Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir telah memberikan sumbangsih dan kontribusi nyata terhadap ilmu pengetahuan, diantaranya teknologi www (web) yang saat ini sudah menjadi bagian besar dalam kehidupan manusia.

Selain itu, CERN juga berkontribusi pada penemuan partikel Higgs Boson yang mendapatkan hadiah Nobel Fisika tahun 2013 serta penemuan Super Symmetry dan Quark-Gluon Plasma yang menunjukkan fenomena pembentukan alam semesta.

“Pencapaian ini merupakan peluang emas karena saya dapat belajar langsung dengan para pakar di bidang teknologi serta melihat dan merasakan langsung teknologi dan inovasi yang ada diseluruh dunia," paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (19/4/2016).

Menurutnya, dirinya yakin dan mantap untuk menyerap ilmu dan membangun network sebanyak-banyaknya saat bekerja di Swiss agar ilmu pengetahuan ataupun hardskill dan softskill dapat teruji dengan baik.

Sanadhi mengungkapkan selama kegiatan berlangsung, dirinya akan memperoleh sejumlah topik perkuliahan serta dilibatkan langsung pada proyek penelitian bersama dengan peneliti CERN.

Hal itu, kata dia, dilakukan untuk mendalami domain keilmuan yang menjadi kebutuhan utama pada infrastruktur IT seperti Data Acquisition, Computing Platforms, Data Storage Architectures, Compute Provisioning and Management, Networks and Communication dan Data Analytics.

Sementara itu, pihak UI mengaku berbangga hati memiliki mahasiswa yang berinisiatif tinggi mengembangkan keilmuannya hingga ke kancah internasional.

Rifelly Dewi Astuti, Kepala Humas dan KIP UI, mengatakan pihaknya berkomitmen mencetak para peneliti muda yang memiliki ide orisinil dan kreatif sehingga mampu menghasilkan solusi bagi permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

"Diharapkan semangat tersebut dapat menjadi katalisator inovasi bangsa oleh para mahasiswa UI khususnya dan mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper