Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bayi Gorilla Dilahirkan Secara Sesar di Inggris

Bayi gorila dilahirkan dengan operasi sesar langka yang dilakukan oleh seorang ginekolog rumah sakit di kebun binatang Inggris.
Gorilla/worldwildlife.org
Gorilla/worldwildlife.org

Kabar24.com, JAKARTA- Bayi gorila dilahirkan dengan operasi sesar langka yang dilakukan oleh seorang ginekolog rumah sakit di kebun binatang Inggris.

Dokter-dokter hewan di kebun binatang Bristol di bagian barat Inggris memanggil ahli medis untuk membantu proses kelahiran bayi gorila itu setelah sang ibu yang bernama Kera menunjukkan tanda-tanda pre-eklampsia yang berpotensi membahayakan jiwa.

Profesor David Cahill, seorang ginekolog di rumah sakit terdekat yang telah membantu kelahiran ratusan bayi dengan operasi sesar namun belum pernah melakukannya pada gorila, melakukan operasi untuk membantu persalinan gorila, operasi yang sangat jarang dilakukan di seluruh dunia.

"Bersama dengan kelahiran anak saya sendiri, ini mungkin pencapaian terbesar dalam hidup saya dan sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan," katanya dalam satu pernyataan yang dikutip kantor berita Reuters.

"Sejak itu saya kembali untuk mengunjungi Kera dan bayi gorilanya, menakjubkan melihat mereka berdua dalam keadaan sangat baik."

Bayi gorila itu beratnya hanya sekitar satu kilogram saat lahir 11 hari lalu. Dia mulanya membutuhkan bantuan dari dokter hewan untuk bernafas mandiri namun sekarang keadaannya sudah baik karena mendapat perawatan sepanjang waktu oleh penjaga menurut kebun binatang Bristol.

"Kelahiran gorila itu kejadian langka dan menarik; tapi kelahiran bayi gorila lewat operasi sesar bahkan lebih tidak biasa," kata John Partridge, kurator binatang di kebun binatang tersebut.

"Itu bukan keputusan yang kami ambil dengan enteng - Kera cukup memburuk kondisinya dan kami perlu bertindak cepat untuk memberikan perawatan terbaik yang mungkin bagi ibu dan bayinya, dan untuk menghindari kemungkinkan kehilangan bayinya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper