Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Hongaria Janjikan Kerja Sama Jangka Panjang dengan RI

PM Hongaria Viktor Orban menjanjikan sejumlah kerja sama dalam jangka panjang dengan Indonesia di beragam bidang sekaligus memperkuat hubungan ekonomi kedua negara.
Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban. /Reuters
Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban. /Reuters

Kabar24.com, JAKARTA--PM Hongaria Viktor Orban menjanjikan sejumlah kerja sama dalam jangka panjang dengan Indonesia di beragam bidang sekaligus memperkuat hubungan ekonomi kedua negara.

Hongaria merupakan negara mitra dagang terbesar Indonesia ketujuh di kawasan Eropa Tengah dan Timur. Total perdagangan kedua negara pada tahun 2014 sebesar US$149,29 juta dengan surplus bagi Indonesia US$24,45 juta.

Viktor menjabarkan kedatangannya juga diiringi oleh kehadiran 50 pengusaha multi-sektor asal Hongaria untuk mendengar langsung dari Presiden Jokowi mengenai peluang dan tantangan berbisnis di Indonesia.

"Intinya, kami membutuhkan penjelasan, sehingga bisa memfokuskan pada apa yang penting. Kami ingin memetakan di bidang apa saja kami bisa membantu ekonomi RI," ujar Viktor dalam pertemuan bilateral bersama Presiden RI Joko Widodo, Senin (1/2/2016).

Adapun dalam pertemuan itu, delegasi RI meliputi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Jaksa Agung HM Prastyo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menristekdikti M. Natsir dan Menteri ESDM Sudirman Said.

Dia menuturkan sebagai awalan, pihaknya akan melakukan kerja sama penyediaan air di 34 kecamatan dan pembangkit listrik tenaga surya di Tapanuli Tengah.

Setelah itu, tuturnya, pemerintah dan masyarakat RI dipersilakan untuk mengevaluasi kehadiran pebisnis Hongaria di Indonesia.

"Kami punya kemampuan dan keahlian di bidang sains. Tapi kita sama-sama lihat dulu faktanya, setelah itun terserah Indonesia apakah kerja sama akan dilakukan atau tidak," ungkap PM Hongaria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper