Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sebut SBY Tinggalkan Ketimpangan, Parmusi Puji Pemerintahan Jokowi

Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) mendorong peran Baitul Maal wa Tamwil (BMT) untuk menggerakkan ekonomi desa-desa di Tanah Air.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 17 Desember 2015  |  18:35 WIB
 Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) saat menerima Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta (kiri) di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/5/2014). - ANTARA
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) saat menerima Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta (kiri) di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/5/2014). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA--Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) mendorong peran Baitul Maal wa Tamwil (BMT) untuk menggerakkan ekonomi desa-desa di Tanah Air.

Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia Usamah Hisyam mengatakan dalam satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menggulirkan program yang menggerakan sektor riil di daerah. Salah satunya melalui program kredit usaha rakyat (KUR) yang nilainya pada tahun depan diperkirakan mencapai Rp100 triliun.

"Pemerintah harus alokasikan dana lebih besar untuk memberdayakan UMKM. Ini akan signifikan dalam menggerakkan ekonomi rakyat miskin," tuturnya di Kantor Presiden, Kamis (17/12/2015).

Menurutnya, 10 tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono meninggalkan ketimpangan ekonomi di level nasional, di mana masyarakat kaya menjadi semakin kaya, dan masyarakat miskin menjadi semakin miskin.

"Ekonomi desa bisa digerakkan dengan UMKM. Permusi akan meluncurkan pilot project untuk mensupervisi sekian ribu desa untuk dijadikan desa emas dengan mendorong BMT dan koperasi," ujar Usamah.

Berdasarkan Undang-Undang No.1/2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro, BMT merupakan salah satu LKM yang wajib memperoleh izin usaha dari otoritas. Izin usaha melalui pengukuhan sebagai LKM wajib dikantongi paling lambat tanggal 8 Januari 2016.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi parmusi
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top