Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korupsi Kondesat: Polri Periksa Honggo di Singapura

Polri akan mengirimkan penyidiknya ke Singapura untuk memeriksa pendiri PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Honggo Wendratmo yang sedang menjalani perawatan di negara tersebut.

Kabar24.com, JAKARTA—Polri akan mengirimkan penyidiknya ke Singapura untuk memeriksa pendiri PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Honggo Wendratmo yang sedang menjalani perawatan di negara tersebut.

Jenderal Polisi Badrodin Haiti, Kapolri, mengatakan pihaknya akan memeriksa Honggo Wendratmo pada Senin 29 Juni 2015 di Singapura. Hal itu dilakukan untuk mengambil keterangan yang diperlukan terkait kasus dugaan korupsi dan pencucian uang yang merugikan negara hingga triliunan rupiah.

“Kalau memang cukup dua orang atau tiga orang penyidik, kami akan kirim kan dua atau tiga orang saja. Masa ramai-ramai, kan yang diperiksa sama saja satu orang,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/6).

Badrodin menuturkan Presiden sendiri tidak memberikan instruksi khusus terkait penanganan kasus tersebut. Presiden Joko Widodo sendiri hanya meminta Polri untuk melanjutkan proses penegakan hukum yang sudah dilakukan.

Sekedar diketahui, kasus tersebut bermula saat SKK Migas yang saat itu bernama BP Migas melakukan proses penunjukan langsung penjualan kondensat bagian negara kepada TPPI pada 2009.

akan tetapi, penunjukan tersebut tidak melalui ketentuan yakni Keputusan Kepala BP Migas Nomor KPTS-20/BP0000/2003-SO tentang Pedoman Tata Kerja Penunjukan Penjual Minyak Mentah atau Kondensat Bagian Negara dan Keputusan Kepala BP Migas Nomor KPTS-24/BP00000/2003-SO tentang Pembentukan Tim Penunjukan Penjual Minyak Mentah atau Kondensat Bagian Negara.

Tindakan itu diduga melanggar Pasal 2 dan/atau Pasal 3 Undang-Undang No. 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan atau Pasal 3 dan Pasal 6 Undang-Undang No. 25/2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper