Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Bali Akan Terapkan E-Government

Pemprov Bali berencana menyatukan aplikasi di seluruh satuan kerja perangkat daerah menjadi satu kesatuan e-goverment yang pengelolaannya di bawah Biro Pemerintahan Setda Bali.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 16 Mei 2015  |  22:00 WIB
 Pemprov Bali berencana menyatukan aplikasi di seluruh satuan kerja perangkat daerah menjadi satu kesatuan e-goverment yang pengelolaannya di bawah Biro Pemerintahan Setda Bali - ilustrasi
Pemprov Bali berencana menyatukan aplikasi di seluruh satuan kerja perangkat daerah menjadi satu kesatuan e-goverment yang pengelolaannya di bawah Biro Pemerintahan Setda Bali - ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR-- Pemprov Bali berencana menyatukan aplikasi di seluruh satuan kerja perangkat daerah menjadi satu kesatuan e-goverment yang pengelolaannya di bawah Biro Pemerintahan Setda Bali.

Selama ini, setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mengoperasikan sistem masing-masing di instansinya. Saat ini Bappeda mengoperasikan e-planning, Biro Keuangan operasikan SIPKD dan SIM Gaji, Biro Aset mengoperasikan SIMDA, Biro Ekbang SIEP inspektorat dan e-audit. Selain itu, Badan Kepegawaian Daerah menerapkan SIMPEG.

Aplikasi tersebut dinilai memiliki kekurangan pada aplikasi yang dioperasikan, seperti proses memasukkan datanya manual dan tidak dapat diakses seluruh SKPD.

Menurut Wagub Ketut Sudikerta, penyatuan aplikasi akan‎ mempermudah kerja, baik dari efisiensi tenaga kerja dan menghindari terjadinya tumpang tindih kegiatan serta data.

"Karena itu saya harapkan seluruh SKPD mendukung program ini, terutama yang sudah memiliki aplikasi masing-masing," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2015).

Sudikerta mengharapkan sebelum e-goverment diterapkan, sarana prasarana dan tenaga yang akan menjalankan program telah siap. Dengan demikian tidak kembali terkaji kemandegan karena adanya kendala teknis.

Sekda Bali Cokorda Ngurah Pemayun‎ menambahkan tujuan sistem ini guna memberikan informasi cepat, akurat, dan transparan kepada publik serta mendukung program.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

e-government pemprov bali
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top