Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERANG YAMAN: AS Kirim Kapal Perang, Awasi Kapal Iran

Angkatan Laut AS telah mengirim satu kapal induk dan kapal peluncur peluru kendali ke Laut Arab di dekat Yaman dalam upaya meningkatkan kehadiran Angkatan Laut AS di sana.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 April 2015  |  09:02 WIB
USS Theodore Roosevelt - Reuters/Todd M. Flint
USS Theodore Roosevelt - Reuters/Todd M. Flint

Kabar24.com, WASHINGTON -- Aroma ketegangan di kawasan Laut Arab dekat Yaman kian menguat seiring pergelaran kapal perang dari dua negara.

Angkatan Laut AS telah mengirim satu kapal induk dan kapal peluncur peluru kendali ke Laut Arab di dekat Yaman dalam upaya meningkatkan kehadiran Angkatan Laut AS di sana.

"Dalam beberapa hari belakangan, Angkatan Laut AS telah meningkatkan kehadirannya di daerah itu sebagai akibat dari kestabilan yang terjadi saat ini di Yaman," kata satu pernyataan yang dikeluarkan oleh AL AS.

Ditambahkan, kapal induk USS Theodore Roosevelt dan kapal jelajah yang mengawalnya, USS Normandy, dikerahkan kembali dari pangkalannya di Teluk ke Laut Arab pada Ahad (19/4).

Pernyataan itu mengatakan tujuan pengerahan kembali tersebut ialah untuk menjamin akses dan keselamatan jalur laut penting di wilayah itu, demikian laporan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Selasa pagi.

Ditambahkannya, kapal induk Theodore Roosevelt dan kapal jelajah Normandy akan bergabung dengan armada lain di sana untuk operasi keamanan laut.

Penggelaran kembali kapal AS itu dilakukan saat para pejabat Amerika terus mengamati sedikitnya tujuh kapal Iran yang membawa barang yang tak diketahui bergerak menuju Yaman. Para pejabat AS menduga itu adalah "upaya untuk mempersenjatai kelompok Syiah anti-pemerintah di Yaman, Al-Houthi.

"Salah satu keprihatinan kami dengan perilaku Iran dalam hal dampak yang merusak kesatabilan yang ditimbulkannya di wilayah yang lebih luas ialah kenyataan bahwa mereka terus memasok senjata dan menawarkan dukungan buat anggota Al-Houthi di Yaman," kata Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest dalam taklimat harian.

"Kami telah melihat bukti bahwa Iran memasok senjata dan bentuk dukungan lain buat anggota Al-Houthi di Yaman," ia menambahkan.

Pada saat yang sama, Pentagon pada Senin membantah laporan sebelumnya bahwa penggelaran kembali kapal AL AS bertujuan menghadapi kapal Iran.

"Kapal USS Theodore Roosevelt ditempatkan kembali untuk melakukan operasi keamanan laut," kata Juru Bicara Pentagon Kolonel Angkatan Darat Steve Warren kepada wartawan.

"Kapal itu takkan mencegat satu pun kapal Iran," tegasnya.

Provinsi di Yaman Selatan telah menyaksikan peningkatan drastis kerusuhan sejak pertengahan Maret, ketika pertempuran meletus antara petempur Al-Houthi dan anggota milisi suku yang setia kepada Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang kini berada di pengasingan di Arab Saudi setelah menyelamatkan diri dari istana presidennya pada Maret.

Koalisi pimpinan Arab Saudi memulai serangan udara pada pengujung Maret terhadap sasaran Al-Houthi di Ibu Kota Yaman, Sana'a dan kota besar lain. Tujuan operasi koalisi pimpinan Arab Saudi ialah untuk melindungi keabsahan Hadi dan memaksa anggota Al-Houthi mundur dari kota besar yang telah mereka rebut sejak September 2014.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Yaman

Sumber : Antara/Xinhua-OANA

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top