Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UN 2015: Tips Mengatasi Rasa Cemas Jelang Ujian

rasa cemas yang menghantui dirimkala menghadapi ujian adalah hal yang wajar
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 April 2015  |  07:29 WIB
Ilustrasi Ujian Nasional berbasis online - Beritajakarta.com
Ilustrasi Ujian Nasional berbasis online - Beritajakarta.com

Kabar24.com, JAKARTA-- Rasa cemas yang menghantui diri kala menghadapi ujian merupakan hal wajar, menurut psikolog anak dan keluarga, Mira D. Amir, Psi.

Kendati begitu, menurut dia, terdapat sejumlah cara untuk membantu menguranginya. Salah satunya dengan berkumpul bersama teman-teman yang percaya diri menghadapi ujian. "Berkumpulah dengan teman-teman yang cukup confindent menghadapi ujian. Mereka bisa memberi energi positif," ujar Mira kemarin.

Di samping itu, lanjut dia, istirahat cukup dan makan makanan bergizi juga dapat membantu mengurangi kecemasan. "Anak-anak belajar giat tetapi kadang-kadang kurang istirahat, lupa makan," kata dia. Hal lain yang tak kalah penting tentulah belajar agar siap menghadapi ujian. Dalam hal ini Mira menyarankan sebaiknya kita belajar dalam kondisi senang.

"Kalau lagi bad mood istirahat dulu. Belajarlah kembali saat sudah merasa senang. Prinsipnya belajar akan efektif kalau dilakukan dengan hati senang," ungkap Mira. Terakhir, kata dia, berusahalah setenang mungkin dan tidak merasa terbebani oleh ujian. "Hadapi ujian dengan enjoy, jangan merasa terbebani," pungkas psikolog dari Lembga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI) itu


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ujian Nasional 2015

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top