Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bela Terpidana Bali Nine, Tony Abbott Malah Terancam Dilengserkan

Mulutmu harimaumu. Itulah pepatah yang tepat ditujukan kepada Perdana Menteri Australia Tony Abbott. Menyusul pernyataannya yang mengungkit-ungkit bantuan kemanusiaan kepada korban tsunami Aceh pada 2004, karir politik Tony Abbott berada di ujung tanduk.
Perdana Menteri Australia Tony Abbott/commondreams.org
Perdana Menteri Australia Tony Abbott/commondreams.org

Kabar24.com, JAKARTA - Mulutmu harimaumu. Itulah pepatah yang tepat ditujukan kepada Perdana Menteri Australia Tony Abbott. Menyusul pernyataannya yang mengungkit-ungkit bantuan kemanusiaan kepada korban tsunami Aceh pada 2004, karir politik Tony Abbott berada di ujung tanduk.

Tujuh menteri di kabinetnya, mengancam akan menggulingkan Abbott jika dia tidak bisa memperbaiki pemerintahannya dan memperbaiki hasil jajak pendapat di Partai Liberal yang baru-baru ini dilaksanakan.

Kepada Fairfax Media, tujuh menteri yang masih merahasiakan identitas ini menjelaskan bahwa mereka saat ini mengawasi kepemimpinan Abbott. Mereka juga menyatakan tidak akan membantu Abbott jika lagi ada yang mengkritik pemerintahannya.

Sejumlah blunder yang dilakukan Abbot berujung kritik terhadap kepemimpinannya. Di antaranya pernyataan Abbott agar Indonesia "membalas" bantuan Australia kepada korban tsunami pada 2004 dengan membatalkan hukuman mati terhadap dua warga negara Australia yang menjadi terpidana penyelundupan narkoba.

Seperti dikutip dari The Sydney Morning Herald, 24 Februari 2015, peluang menjatuhkan Abbott terbuka lewat pemilu di Negara Bagian New South Wales pada Juni mendatang dan penetapan anggaran pada Mei mendatang.

Dua pekan lalu, Partai Liberal - partai yang mendukung Abbott - menggelar rapat untuk mengetahui tingkat kepercayaan terhadap kepemimpinan Perdana Menteri Australia yang ke-28 tersebut.

Hasil jajak pendapat terhadap pemerintahan Abbott dalam rapat itu adalah 61-39. Artinya, Partai Liberal mulai tidak percaya kepada Abbott. Abbott diminta berfokus pada masalah keamanan nasional, perlindungan anak, dan anggaran.

Sebelumnya, warga Australia juga mengecam pernyataan Abbott tentang bantuan tsunami yang dikaitkan dengan hukuman mati terhadap duo Bali Nine di Indonesia.

Lewat tagar #KoinuntukAustralia, warga Australia antara lain mengungkapkan keinginan mereka melengserkan Abbott.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper