Kontingen Garuda: 208 Anggota TNI Dikirim ke Kongo dan Afrika Tengah

Sebanyak 208 prajurit TNI Kontingen Garuda bertolak menuju Kongo dan Afrika Tengah untuk mengemban misi kemanusiaan.
Dika Irawan | 07 Januari 2015 21:13 WIB
Panglima TNI Jenderal (TNI) Moeldoko (kiri) saat menyalami personel Satgas Kontingen Garuda (Konga) TNI Unifil Lebanon usai upacara pelepasan keberangkatan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu 10 Desember 2014. - Antara/Indrianto Eko Suwarso

Kabar24.com, JAKARTA  -- Sebanyak 208 prajurit TNI Kontingen Garuda bertolak menuju Kongo dan Afrika Tengah untuk mengemban misi kemanusiaan.

Acara pelepasan dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (7/1/2015).

Panglima TNI memerintahkan kepada Komandan Satgas serta seluruh prajurit yang bertugas di kedua negara tersebut agar mendalami rules of engagement (peraturan-peraturan pertempuran) serta standard operational procedure (SOP) dalam tiap pelaksanaan tugas.

Panglima TNI juga berpesan, meski prajurit TNI di sana mengemban misi kemenusiaan namun harus senantiasa siap siaga dan waspada terhadap kecendrungan perubahan situasi baik kekerasan bersenjata maupun wabah penyakit.

Dia meminta para anak buahnya tersebut untuk membangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan prajurit negara lain serta masyarakat setempat.

Hal itu dapat dilakukan dengan memahami budaya kearifan lokal di sana.

"Moril yang baik dan rasa kebersamaan yang kuat merupakan salah satu kunci sukses tugas dan sukses prestasi," katanya dalam keterangan tertulis.

Hadir dalam upacara pemberangkatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya Ade Supandi.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top