Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Ukraina: Pemuda Antre Bela Negara Hadapi Agresi Rusia

Semangat nasionalisme para pemuda Ukraina bangkit dan siap mempertahankan negara dari agresi Rusia.

Bisnis.com, LVIV--Semangat nasionalisme para pemuda Ukraina bangkit dan siap mempertahankan negara dari agresi Rusia.

Para pemuda dan pemudi di daerah nasionalis di Ukraina barat dilaporkan antre mendaftarkan diri untuk membela negara dari apa yang mereka sebut sebagai "agresor Rusia" yang telah mengambil alih Crimea.

"Saya judoka tingkat tinggi dan bisa menembak dengan baik," kata Tetiana Turtshina saat menunggu panggilan di luar kantor kepolisian daerah di kota Lviv yang pro Eropa.

Tetiana, yang merupakan pemilik sebuah agen iklan, mendukung seruan untuk menjadi sukarelawan yang muncul menjelang pemungutan suara hari Minggu di Crimea tentang rencana bergabung dengan Federasi Rusia.

Referendum di Krimea itu dilangsungkan 2 pekan setelah pasukan proKremlin menguasai semenanjung Laut Hitam itu.

"Banyak sukarelawan seperti saya. Ini tugas untuk semua," kata perempuan berusia 30 tahun berbadan kekar itu.

"Saya tidak bisa melihat negara saya terpecah belah," ujarnya, di tengah kekhawatiran bahwa Ukraina bisa terpecah setelah pemerintahan baru di Kiev yang condong ke Barat menggulingkan pemerintahan pro Moskow --yang mendapat dukungan di Crimea, wilayah yang sebagian besar penduduknya berbahasa Rusia.

Di Lviv, Presiden Rusia Vladimir Putin kerap dibanding-bandingkan dengan pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler, dan Tetiana mengkhawatirkan bahwa Rusia tidak akan berhenti di Crimea.

"Jika melihat nafsu Rusia dan metode-metodenya, mereka akan menelan Krimea dan terus menekan, bahkan sampai ke luar Ukraina," katanya.

Sekira 2.000 orang telah mendaftarkan diri mereka sebagai sukarelawan kepada kepolisian di Lviv.

Di antara mereka adalah Pastor Makariy, seorang pendeta Kristen Ortodoks yang menjalankan tugas militernya dengan tentara Ukraina.

"Saya tentu akan lebih memilih menjadi rohaniwan, sebagai pendeta kami tidak mengangkat senjata. Menurut saya hal itu bisa juga berarti memerangi kejahatan," katanya, menjelaskan.

Seruan telah dikeluarkan terhadap para pemuda berusia antara 30 dan 35 tahun yang telah menyelesaikan dinas militer mereka serta telah menjalani latihan tempur.

"Mereka didaftarkan untuk kepentingan mobilisasi, jika diperlukan," kata juru bicara militer Olexandr Poronyuk.

Olexandr mengatakan siap membela negara sampai titik darah penghabisan seperti yang dilakukan kakeknya untuk Tentara Perlawanan Ukraina (UPA), yang memerangi pasukan-pasukan Polandia, Soviet dan Nazi di Ukraina barat selama dan setelah Perang Dunia II.

Namun, isterinya Natalia mengatakan "Saya tidak akan melepaskannya ke peperangan."

Di Lviv, penentangan terhadap apa yang dilihat sebagai "agresi militer" di Crimea serta cibiran terhadap Putin bisa ditemui di manapun --di kantor-kantor, pusat-pusat perbelanjaan dan transportasi umum kota tersebut.

Di lapangan pusat, Putin dipermalukan dan ditunjukkan sebagai Hitler atau seorang penari balet yang dipersenjatai sebuah Kalashnikov dan bintang merah dengan slogan, "Bermain perang-perangan dengan kamu".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper