Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PDI-P Diuntungkan, Ini Penyebab Jokowi Capres Terpopuler

Lembaga riset independen Roy Morgan Research menyatakan PDI Perjuangan menjadi partai politik yang paling populer jelang pemilu legislatif karena konsisten mendapatkan dukungan masyarakat di level 27%.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 21 Februari 2014  |  13:31 WIB
/JIBI
/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga riset independen Roy Morgan Research menyatakan PDI Perjuangan menjadi partai politik yang paling populer jelang pemilu legislatif karena konsisten mendapatkan dukungan masyarakat di level 27%.

Moncernya elektabilitas partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut tidak lepas dari isu pencapresan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menduduki kursi RI 1 pada Pilpres tahun ini, kendati belum ada kepastian. 

Hasil survei bulanan Roy Morgan Research yang dilakukan sejak November 2013 sampai Januari 2014 terjadi kolerasi elektabilitas Jokowi dengan PDIP. Elektabilitas Jokowi pada November mendapat dukungan 41% dan PDIP 29%, kemudian pada Desember menurun, yakni Jokowi 38% dan PDIP 26%, sedangkan Januari merangkak naik yakni Jokowi 39% dan PDIP 27%.

Direktur Roy Morgan Research Irawati Soekirman mengatakan dukungan masyarakat terhadap PDIP dan Jokowi sebagai kandidat capres konsisten dari bulan per bulan dan tidak ada lonjakan serta perubahan berarti. Adapun kenaikan atau penurunan hanya satu sampai dua poin. 

"Kita tidak menanyakan alasan kenapa responden mendukung Jokowi tetapi kelihatan faktor Jokowi dan ketokohannya. Apa yang dilakukan beliau gayanya menarik, pekerja keras, orangnya sederhana, sehingga terus menerus naik," ujar Ira di kantornya di Menara Jamsostek Jakarta, Jumat (21/2/2014).

Persepsi masyarakat seperti itu, lanjut Ira, mengharapkan menjadi perubahan bagi Indonesia dengan tokoh pemimpin yang berbeda. Alhasil PDIP sebagai partai peserta pemilu legislatif 2014 sangat diuntungkan, bahkan Provinsi Banten yang sebelumnya dikuasai Golkar sudah beralih ke PDI-P.

"Dua bulan lalu, Banten selalu golkar. Tapi bulan ini PDIP nomor satu, mungkin karena amblasnya Atut [terjerat kasus korupsi] sehingga nggak populer lagi," kata Ira.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi pdi-p
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top