Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Quest International Universitas Dorong Pendidikan Berbasis Budaya Asia

Quest International Universitas Perak (QIUP), Malaysia, akan meningkatkan sistem pendidikan dengan pendekatan lokal, dimana semua sistem pembelajarannya bercita rasa Asia.
Quest International University/Wordpress
Quest International University/Wordpress

Bisnis.com,JAKARTA - Quest International Universitas Perak (QIUP), Malaysia, akan meningkatkan sistem pendidikan dengan pendekatan lokal,  dimana semua sistem pembelajarannya bercita rasa Asia.

 Pemilik QIUP Dr. Vijay Eswaran menjelaskan kehadiran Universitas baru yang menonjolkan ke khasan budaya Asia ini diyakini bisa mendorong pertumbuhan mental dan budaya bagi mahasiswa yang akan menjalani studi pada kampus ini dengan pendekatan falsafah hidup Asia.

 “Seharusnya bangsa ASEAN memiliki pendekatan GlOCAL, yaitu bangsa yang memiliki wawasan dan dampak global dengan nilai-nilai lokal. Inilah kenapa bahwa negara ASEAN harus memiliki universitas kelas dunia dengan nilai-nilai Asia yang menjadi fondasi pendidikan didalamnya,”ujarnya dalam surat elektronik yang diterima Bisnis, Senin (9/12/2013).

 Menurutnya, negara Asean memiliki banyak sekali keuntungan dibandingkan negara-negara lain di dunia. Yaitu secara geografis diapit oleh dua negara Asia besar yaitu India dan China, sehingga kaya akan nilai-nilai budaya, dan agama. Selain itu, ungkapnya, negara Asean juga diapit oleh Australia dan Jepang, dua negara ekonomi besar dunia.

Melihat keuntungan ini, sambungnya, negara Aseanseharusnya memiliki semangat yang kuat untuk bersatu dan menjadi komunitas yang disegani di dunia. Hal ini bisa dimulai dari pendidikan yang berkualitas.

“Singapura sebenarnya memiliki universitas-universitas yang sangat bagus, dan masuk dalam 10 negara dengan kualitas universitas terbaik di dunia. Namun lulusan-lulusan yang diciptakan masih berstandar barat, sehingga nilai-nilai keasiaannya hilang,” tambahnya.

Dia menambahkan, QIUP adalah universitas yang memiliki tujuan membentuk lulusan yang memiliki daya saing yang menguntungkan dalam jangka panjang, dan bukan sekedar degree mill (pencetak ijazah) semata.  Selain bidang studi yang lazimnya, QIUP menawarkan program studi Social Entrepreneurship, Microfinance, Environmental Engineering, Green Technology, dan Digital Media di masa mendatang.

Ilmu kesehatan adalah fokus utama QIUP akan akan menawarkan program studi pengobatan tradisional seperti Ayurveda dan Siddha Vaidya dari India serta Ilmu Kedokteran Tradisional China. QIUP juga menawarkan program singkat tentang kesehatan dan pengembangan diri di bidang seperti Filsafat Ghandi dan Yoga.

Di masa depan, lanjutnya, QIUP akan menawarkan program dual degree bersama dengan universitas-universitas terkemuka dunia. Salah satu aspek terpenting QIU adalah fokusnya terhadap penelitian. Apapun bidangnya, fokusnya akan mengarah pada penelitian berbasis pembelajaran, terutama bagi studi pasca sarjana, yang diharapkan akan menjadi nilai jual utama QIU.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper