Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisruh Keraton Solo: Trah Paku Buwono Gelar Doa Bersama

Kemelut internal Keraton Solo yang sampai saat ini tak kunjung selesai membuat trah raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) I-PB XII mengambil sikap dengan menggelar doa bersama di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Bisnis.com, JAKARTA - Kemelut internal Keraton Solo yang sampai saat ini tak kunjung selesai membuat trah raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) I-PB XII mengambil sikap dengan menggelar doa bersama di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Acara dengan konsep Haul Ageng mulai PB I-PB XII bakal dipimpin langsung Raja Keraton  Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) PB XIII.

Pemilihan lokasi acara di Jakarta karena situasi di Keraton Solo masih memanas. Selain itu, sebagian trah Kerajaan Mataram Islam berdomisili di Jakarta.

”Mestinya acara Haul Ageng [PB I-PB XII] dilaksanakan di Keraton Solo, tapi situasi di sana [Solo] tidak memungkinkan,” kata trah PB XII, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Suryo Wicaksono kepada Bisnis, Senin (25/11/2013).  

Adik PB XIII - akrab disapa Gusti Ninok - ini menyatakan acara Haul Ageng baru kali pertama dilaksanakan. Pada tahun sebelumnya, pelaksanaan haul hanya difokuskan pada salah satu raja. Misalnya, acara haul PB X dilaksanakan di kota tertentu. Dan yang hadir hanya trah PB X.

“Satu hal lagi, semua pihak yang pernah menyaksikan proses rekonsiliasi dua raja pada 2012 di Jakarta diharapkan bisa hadir dalam acara haul ini,” tuturnya. (69)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper