Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kisruh Keraton Solo: Trah Paku Buwono Gelar Doa Bersama

Kemelut internal Keraton Solo yang sampai saat ini tak kunjung selesai membuat trah raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) I-PB XII mengambil sikap dengan menggelar doa bersama di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jakarta, Sabtu (30/11/2013).
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 25 November 2013  |  11:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kemelut internal Keraton Solo yang sampai saat ini tak kunjung selesai membuat trah raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) I-PB XII mengambil sikap dengan menggelar doa bersama di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Acara dengan konsep Haul Ageng mulai PB I-PB XII bakal dipimpin langsung Raja Keraton  Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) PB XIII.

Pemilihan lokasi acara di Jakarta karena situasi di Keraton Solo masih memanas. Selain itu, sebagian trah Kerajaan Mataram Islam berdomisili di Jakarta.

”Mestinya acara Haul Ageng [PB I-PB XII] dilaksanakan di Keraton Solo, tapi situasi di sana [Solo] tidak memungkinkan,” kata trah PB XII, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Suryo Wicaksono kepada Bisnis, Senin (25/11/2013).  

Adik PB XIII - akrab disapa Gusti Ninok - ini menyatakan acara Haul Ageng baru kali pertama dilaksanakan. Pada tahun sebelumnya, pelaksanaan haul hanya difokuskan pada salah satu raja. Misalnya, acara haul PB X dilaksanakan di kota tertentu. Dan yang hadir hanya trah PB X.

“Satu hal lagi, semua pihak yang pernah menyaksikan proses rekonsiliasi dua raja pada 2012 di Jakarta diharapkan bisa hadir dalam acara haul ini,” tuturnya. (69)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keraton solo keraton solo
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top