Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kongres Bahasa Indonesia X Telurkan 33 Rekomendasi

Kongres Bahasa Indonesia X menghasilkan 33 butir rekomendasi, untuk memajukan bahasa Indonesia, dan memperkuatnya di negeri sendiri, serta untuk perbaikan penggunaan bahasa di semua lini.

Bisnis.com, JAKARTA-- Kongres Bahasa Indonesia X menghasilkan 33 butir rekomendasi, untuk memajukan bahasa Indonesia dan memperkuatnya di negeri sendiri, serta untuk perbaikan penggunaan bahasa di semua lini.

Rekomendasi tersebut antara lain meminta pemerintah untuk meningkatkan sosialisasi hasil-hasil pembakuan bahasa Indonesia, untuk kepentingan pembelajaran bahasa Indonesia dalam rangka memperkukuh jati diri bangsa, dan membangkitkan semangat kebangsaan.

Prof. Gufron Ali Ibrahin, Ketua Tim Perumus Kongres Bahasa Indonesia X, mengatakan rekomendasi ini dikeluarkan setelah mendengar dan memperhatikan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, laporan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, paparan 6 makalah pleno tunggal, 16 makalah sidang pleno panel, dan 104 makalah sidang kelompok yang tergabung dalam 8 topik diskusi panel.

Rekomendasi lainnya meminta pemerintah memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, melalui penerjemahan dan penerbitan konsep-konsep iptek berbahasa Indonesia, guna menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada seluruh masyarakat.

Kualitas dan kuantitas kerja sama dengan berbagai pihak luar negeri untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia, perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan, baik di tingkat komunitas ASEAN maupun dunia internasional, dengan dukungan sumber daya yang maksimal.

“Seluruh rekomendasi tersebut masih berupa draft, belum menjadi rekomendasi, tetap,” kata Gufron seusai penutupan kongres yang berlangsung 28-31 Oktober 2013.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof. Mahsun, mengatakan kongres bahasa Indonesia ini diikuti oleh 1.168 peserta dari seluruh Indonesia, dan dari luar negeri.

Peserta dari luar negeri, katanya, antara lain dari Jepang,Rusia, Pakistan, Jerman, Belgia, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, China, Italia, dan Timor Leste.

Mahsun menuturkan Badan Bahasa akan menyempurnakan rumusan 33 rekomendasi tersebut, sehingga menjadi keputusan Kongres.

Kongres Bahasa Indonesia X mengangkat tema Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Kegiatan ini sudah berlangsung selama 65 tahunsejak Kongres Bahasa Indonesia I pada 1938.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper