Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, MAINE - Mantan Presiden George H.W. Bush dan istrinya, Barbara, menjadi saksi resmi dari pernikahan sesama jenis antara dua perempuan di Maine pada akhir pekan.

Jim McGrath,juru bicara Bush, mengatakan mantan pasangan nomor satu AS itu menyaksikan upacara pribadi antara Bonnie Clement dan Helen Thorgalsen pada Sabtu di Kennebunk.

Clement mengunggah sebuah foto di halaman Facebook-nya yang menunjukkan saat Presiden Bush menandatangani secarik kertas saat pasangan itu, yang merupakan sahabat dekat keluarga Bush, menyaksikan sambil memegang gelas sampanye.

Pasangan itu memiliki toko H.B. Provisions di Kennebunk, Maine.

Mantan presiden itu memiliki properti di Kennebunkport, sekitar empat mil (enam km) timur Kennebunk.

Maine adalah salah satu dari 13 negara yang mengizinkan pernikahan sesama jenis. Pada bulan Juni, Mahkamah Agung AS menghapus bagian penting dari Undang-Undang Pernikahan, yang melarang pasangan sejenis dari memperoleh manfaat pernikahan federal.

Tetapi pengadilan tinggi menolak untuk mewajibkan apakah pasangan sejenis memiliki hak dasar untuk menikah dan menyerahkan sepenuhnya kepada negara bagian untuk memutuskan.

Keputusan itu telah menimbulkan gugatan hukum di pengadilan federal dan negara bagian terkait UU yang membatasi hak-hak kaum gay dan lesbian.

Sejumlah tokoh terkemuka Partai Republik lainnya telah menyuarakan dukungan bagi pernikahan sejenis, termasuk mantan Wakil Presiden Dick Cheney dan Senator Ohio Rob Portman.

Tetapi pernikahan sesama jenis ditentang oleh sebagian besar simpatisan Partai Republik.

Sebuah jajak pendapat Gallup bulan Juli menunjukkan bahwa 66% dari anggota Partai Republik menentang upaya legalisasi pernikahan sesama jenis di seluruh 50 negara bagian.

Ketua Komite Nasional Partai Republik Reince Priebus menegaskan pada bulan Juli jika partainya berpandangan pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita.(antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper