Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Haji 2013: Calhaj Keluhkan Pengambilan Sidik Jari & Sidik Mata

Bisnis.com, JAKARTA--Para calon jamaah haji tampaknya perlu lebih bersabar. Soalnya imigrasi pemerintah Arab Saudi kini mengenakan aturan baru bagi jamaah yang baru tiba.Bandara Jeddah dan Bandara Madinah kini menerapkan pengambilan sidik jari dan sidik

Bisnis.com, JAKARTA--Para calon jamaah haji tampaknya perlu lebih bersabar. Soalnya imigrasi pemerintah Arab Saudi kini mengenakan aturan baru bagi jamaah yang baru tiba.

Bandara Jeddah dan Bandara Madinah kini menerapkan pengambilan sidik jari dan sidik mata yang menyebabkan antrean panjang hingga banyak dikeluhkan calon jamaah haji (calhaj).


Menteri Agama Suryadharma Ali mengakui pelayanan sidik jari dan sidik mata oleh imigrasi dikeluhkan para calhaj.

"Jadi bukan hanya sidik jari tapi juga sidik mata terhadap calhaj setelah mendarat di Bandara Jeddah dan Madinah,” ujarnya seperti dikutip situs Kementerian Agama, Rabu (9/11/2013).

Menag mengatakan, pemeriksaan sidik jari dan sidik mata membuat para calhaj harus menunggu antrean yang lama sampai 4 jam di bandara.

"Pengambilan sidik jari dan sidik mata bukan hanya kepada calhaj kita tapi juga calhaj seluruh negara. Ini membuat mereka mengeluh karena harus menunggu lama,” tutur Suryadharma.

Kemenag mengaku tidak tahu alasan pihak Arab Saudi menerapkan pengambilan sidik jari dan sidik mata.

Karena standar pemeriksaan internasional tidak menerapkan seketat yang diterapkan imigrasi Arab Saudi.

“Kalau kita akan masuk sebuah negara tidak ada pemeriksaan sidik jari dan sidik mata segala, umumnya negara-negara hanya melakukan pemeriksaan dokumen saja,” tutur Menag. (ra)  (foto: Kemenag.go.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper