Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa 5,5 SR Guncang Pesisir Selatan Sumatera Barat

Bisnis.com, JAKARTA—Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan terjadi gempa berkekuatan 5,5 SR dirasakan keras di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari ini 28 Agustus 2013 pukul 12:43 WIB.

Bisnis.comJAKARTA—Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan terjadi gempa berkekuatan 5,5 SR dirasakan keras di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari ini 28 Agustus 2013 pukul 12:43 WIB.

“Telah terjadi gempa bumi 5,5 SR. BMKG melaporkan gempa 5.5 SR, pada 28-Aug-13 12:43:25 WIB, Lok:2.03 LS,100.66 BT atau 74 km Barat Laut Sungai Penuh Jambi, kedalaman 24 km. Pusat gempa berada di dekat pantai,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangan resmi di Jakarta hari ini, Rabu (28/8/2013).

Namun dia menegaskan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa bumi tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami.

Dia mengatakan Posko BNPB telah melakukan pengecekan melalui koordinasi dengan BPBD Sumatera Barat dan BPBD Pesisir Selatan.

Pusat gempa di Kecamatan Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Gempa dirasakan sangat keras dan menghentak serta disertai dengan suara menderu selama 30 detik.

Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sutopo mengutip Camat Air Haji yang mengatakan bahwa belum ada laporan kerusakan bangunan dan korban. Daerah yang terkena gempa sebagian besar adalah perkebunan kelapa sawit.

Berdasarkan peta guncangan gempa intensitas gempa cukup kuat IV-V MMI. Sebelumnya gempa pernah terjadi hingga VI MMI ketika gempa 7,5 SR pada  12 September-13 september 2007. BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan. “Info lanjut akan diberikan jika ada perkembangan data.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Tahir Saleh
Editor : Sutarno
Sumber : M. Tahir Saleh
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper